Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur Termahal AS F-35 Digunakan dalam Operasi Sungguhan

Kompas.com - 28/09/2018, 11:54 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CNN

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Jet tempur canggih Amerika Serikat (AS) F-35 dilaporkan melaksanakan serangan udara sungguhan.

Konfirmasi pengerahan jet tempur generasi kelima itu diungkapkan Korps Marinir dan tiga pejabat Kementerian Pertahanan AS.

Diwartakan CNN Kamis (27/9/2018), jet tempur itu membantu operasi Korps Marinir bersama pesawat lain dari kapal perang amfibi USS Essex.

Baca juga: Jet Tempur Termahal F-35 Israel Dilaporkan Tertangkap Radar

Serangan itu terjadi di Afghanistan di mana AS menyasar markas kelompok Taliban. Dalam pernyataan Korps Marinir, F-35B dikerahkan untuk menopang operasi darat.

"Serangan yang dilakukan pesawat itu sukses berdasarkan laporan komandan lapangan," demikian pernyataan resmi Korps Marinir.

F-35, jet tempur multiperan bermesin tunggal, diklaim merupakan program sistem utama persenjataan termahal yang dibuat AS.

Sebab, hingga masa program berakhir di 2070 mendatang, AS total harus mengeluarkan dana sebesar 1.508 triliun dollar AS.

Sebab, harga pesawat tersebut dianggap mahal, yakni mencapai 100 juta dollar, atau sekitar Rp 1,4 triliun, per unit.

Lockheed Martin selaku pabrikan utama F-35 memaparkan, jet tempur itu merupakan representasi masa depan militer; kemampuan siluman, kecepatan supersonik, hingga kelincahan ekstrem.

Meski begitu, proses pengembangan F-35 hingga siap digunakan mengalami beberapa penundaan. Salah satunya masalah keterbatasan pandangan pada pilot.

Selain itu, sebuah blog militer terkemuka di 2015 mengulas kelemahan bahwa F-35 bahkan tak bisa menundukkan F-16 Fighting Falcon dalam pertempuran jarak dekat.

F-35B merupakan satu dari tiga varian F-35 yang mempunyai kemampuan lepas landas maupun mendarat vertikal seperti helikopter.

Pesawat itu merupakan senjata favorit Presiden Donald Trump yang berulang kali mengatakan jet tempur itu tak terkalahkan.

Baca juga: Senat AS Sahkan Larangan Jual Jet Tempur Termahal F-35 ke Turki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com