Kompas.com - 26/09/2018, 20:33 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com - Otoritas Taiwan memerintahkan penghancuran sebuah bangunan kuil Buddha yang disebut telah menyebarkan paham komunisme China dan mendukung penyatuan antar-selat.

Bangunan kuil tersebut, yang terletak di perkampungan Ershui di Changhua, Taiwan tengah, dianggap telah disalahgunakan dari fungsinya semula.

Melansir dari SCMP, bangunan yang bernama Kuil Biyun dan berusia 96 tahun itu disebut telah diubah menjadi bangunan yang jauh lebih besar oleh seorang pengusaha Taiwan, Wei Ming-jen.

Namun lukisan dan perlengkapan keagamaan Buddha yang ada telah diganti dengan simbol Partai Komunis China, poster propaganda, serta potret pemimpin partai, seperti Xi Jinping, Zhou Enlai dan Mao Zedong.

Baca juga: AS Berencana Jual Onderdil Senjata ke Taiwan, China Protes

Atas tindakan tersebut, hakim Taiwan memutuskan bahwa konstruksi bangunan kuil itu adalah ilegal sehingga harus dirobohkan untuk kemudian digunakan sesuai dengan tujuan awal sebagai kuil Buddha.

Otoritas setempat, pada Rabu (26/9/2018), mengirimkan buldoser untuk mengeksekusi bangunan tersebut.

Wei merubah bangunan kuil Buddha itu setelah resmi menjadi pemilik bangunan tersebut pada 2012. Dia memenangkan hak kepemilikan kuil melalui proses hukum melawan sekelompok biarawati.

Wei kemudian menamakan kuil itu dengan Pangkalan Pendidikan Sosialisme, Nasionalisme dan Patriotisme, serta memasang bendera China di sekitarnya.

Namun pada Selasa (25/9/2018), hakim lokal Wei Ming-ku, memutuskan bahwa bangunan tambahan di kuil itu adalah ilegal, dan harus dikembalikan menjadi seperti semula.

Bangunan awal kuil Biyun yang lebih kecil telah disahkan sebagai monumen bersejarah yang hanya dapat digunakan untuk tujuan aslinya, yakni sebagai kuil Buddha.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber SCMP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.