Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koalisi Saudi Akan Buka Koridor Bantuan Kemanusiaan di Yaman

Kompas.com - 24/09/2018, 22:06 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP,Gulf News

RIYADH, KOMPAS.com - Koalisi militer yang dipimpin Arab Saudi akan membuka pintu bagi bantuan kemanusiaan di dua wilayah penting yang dikuasai pemberontak di Yaman.

Berkoordinasi dengan PBB, koalisi bakal membangun koridor bantuan kemanusiaan di kota Hodeida dan Sanaa.

"Koalisi bekerja dengan badan kemanusiaan PBB, OCHA, di yaman, untuk membangun koridor kemanusiaan yang aman untuk membantu pengiriman bantuan antara Hodeida dan Sanaa," kata juru bicara koalisi Saudi, Turki al-Maliki.

Baca juga: Anak-anak di Konflik Yaman: Menjerit Setiap Dengar Deru Jet Tempur

AFP mewartakan, koalisi akan membuka tiga koridor yang berbeda antara kota-kota tersebut sehingga transportasi bagi bantuan kemanusiaan dapat beroperasi pukul 06.00 pagi hingga 18.00 setiap hari.

Saudi dan Uni Emirat Arab memimpin pasukan koalisi yang memerangi pemberontak di Yaman telah meluncurkan serangan terbaru terhadap Hodeida.

Serangan tersebut menimbulkan kekhawatiran akan krisis kemanusiaan yang mendalam.

Pemberontak Houthi yang terkait dengan Iran berhasil merebut Hodeida dan Sanaa pada 2014. Mereka memaksa Presiden Yaman Abedrabbo Mansour Hadi melarikan diri ke selatan.

Pelabuhan Hodeida merupakan jalur vital untuk pengiriman bantuan ke Yaman, yang merupakan negara paling miskin di dunia Arab.

Gulf News mencatat, Hodeida menjadi strategis karena banyak produk impor dan kebutuhan sehari-hari yang memasuki Yaman dari pelabuhan di kota tersebut.

PBB telah memperingatkan, setiap pertempuran besar dapat menghentikan distribusi makanan kepada hingga 8 juta warga Yaman yang bergantung pada bantuan untuk bertahan hidup.

Baca juga: Saudara Raja Salman Kritik Peran Kerajaan Saudi dalam Perang di Yaman

Pasukan Saudi dan sekutunya menuding Houthi mengambil keuntungan atas kendali mereka di pelabuhan Hodeida untuk mendapatkan senjata.

Kelompok tersebut juga menyita bantuan yang ditujukan bagi rakyat Yaman untuk mempertahankan aksi perang.

Koalisi Saudi selama ini menargetkan kelompok ekstremis lainnya di Yaman, termasuk Al Qaida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,Gulf News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com