Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Kanada Ini Telah Mengikuti 95 Pemilihan dan 95 Kali Kalah

Kompas.com - 24/09/2018, 11:49 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

BRANTFORD, KOMPAS.com  — Seorang pria di Kanada mendapat julukan sebagai politisi pecundang setelah mengikuti 95 kali pemilihan dan 95 kali mengalami kekalahan.

Meski telah puluhan kali maju dalam pemilihan dan selalu kalah, John Turmel (67) belum menyerah dan saat ini tengah maju dalam pemilihan wali kota Brantford, kota tempat tinggalnya.

Dilansir dari SCMP, Turmel pertama kali maju untuk pemilihan pada 1979 dan tujuan utamanya adalah melegalkan perjudian.

Berjuang untuk mendapatkan suara dengan mengunjungi rumah-rumah penduduk, namun dalam pemilihan pertamanya itu dia hanya mampu meraih 193 suara.

Namun, bukannya menyerah, hal tersebut justru mendorongnya untuk mengikuti pemilihan lain.

Baca juga: Jenderal Kanada Sebut Ganja Tak Berpengaruh Buruk ke Pasukan

Selama hampir empat dekade, Turmel telah mengikuti 95 kali pemilihan mulai dari anggota dewan kota hingga anggota parlemen.

Dia sering kali maju melalui jalur independen dan jumlah suara yang diraihnya cukup fluktuatif mulai dari hanya 11 suara hingga pernah meraih 4.500 suara.

Kerap mengusung kampanye yang tak biasa, bahkan pernah mendeskripsikan isu perubahan iklim sebagai tipuan, Turmel tak jarang menjadi bahan pemberitaan yang menjatuhkan.

Sebuah surat kabar pernah menyebutnya superpecundang saat dia kalah dalam pemilihan, juga salah satu stasiun radio yang menjulukinya politisi pecundang terbesar.

Meski demikian, Turmel dapat dengan cepat bangkit dari kritikan terhadap dirinya.

"Apakah saya merasa buruk dengan hal itu? Tidak," ujar Turmel saat diwawancarai di kantornya di Brantford, sebuah kota kecil di Ontario selatan dengan penduduk sekitar 99.000 jiwa.

Menyebut dirinya sendiri penjudi pemilihan profesional, bagi Turmel lebih dari sekadar menang dan kalah, namun lebih sebagai cara yang murah untuk menyebarkan ide.

Turmel pertama kali terdorong untuk mengikuti pemilihan setelah polisi menggerebek permainan kartu yang dia gelar di rumahnya di Ottawa dan dirinya pun ditahan.

"Saya terus ditangkap. Itu mendorong saya untuk mencalonkan diri untuk parlemen pada 1979 agar dapat melegalkan perjudian dan berhenti menangkap saya," ujarnya.

Baca juga: Serangan Beruang Kutub di Kanada Tewaskan Seorang Pemburu

Namun, setelahnya, kampanye yang diusungnya meluas hingga melegalkan narkoba bahkan prostitusi.

Halaman:
Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com