Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Terpilih Meksiko Tak Ingin Ribut dengan Trump soal Imigrasi

Kompas.com - 23/09/2018, 15:01 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Presiden terpilih Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengaku tidak ingin berselisih dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait imigrasi.

Seperti diketahui, pendekatan keras Trump soal imigran telah meningkatkan ketegangan dan membuat marah penduduk Meksiko.

Namun, Lopez Orbador menyebut pertengkaran atau perselisihan dengan amarah bukanlah jawaban atas permasalahan.

Baca juga: Ketika Presiden Terpilih Meksiko Berencana Jual Pesawat Kepresidenan

"Kami tidak akan berselisih dengan pemerintah AS, kami tidak akan bertengkar dengan Presiden Donald Trump," katanya, seperti dikutip dari AFP, Minggu (23/9/2018).

"Masalah migrasi tidak diselesaikan dengan membangun tembok atau menggunakan kekuatan. Tapi itu merupakan pekerjaan diplomatik yang menghormati," ucapnya.

Sebagai informasi, setelah memenangi pemilu Meksiko, pria berusia 64 tahun itu akan resmi menjabat sebagai presiden pada 1 Desember 2018.

Pada Sabtu (22/9/2018), pihak berwenang AS mengumumkan dimulainya pembangunan tembok setinggi lima meter di sepanjang kora perbatasan El Paso sejauh 6 km.

Tembok tersebut digunakan untuk mendeportasi jutaan migran yang tidak memiliki dokumen.

Awalnya, Trump menuntut Meksiko membiayai pembangunan tembok penghalang tapi terus ditolak.

Sementara, Kongres AS menyetujui anggaran tersebut sebesar 1,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 23,7 triliun dari 25 miliar dollar AS atau Rp 371,1 triliun yang diajukan oleh Trump.

Baca juga: Cari Anggota Keluarganya, Puluhan Warga Meksiko Datangi Kontainer Jenazah

Lopez Obrador memang belum dilantik, namun dia sudah melontarkan rencana kebijakan yang berbeda dengan pemerintahan sebelumnya.

Dia berencana untuk menjual pesawat kepresidenan yang dibeli seharga 218,7 juta dollar AS atau Rp 3,2 triliun. Sebagai gantinya, dia memilih untuk menumpang pesawat komersial.

Selain itu, Lopez Obrador akan memangkas anggaran pemerintah yang bengkak, salah satunya dengan memotong gajinya sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com