Kompas.com - 22/09/2018, 16:04 WIB
|

BRASILIA, KOMPAS.com - Kepolisian Brasil, Jumat (21/9/2018), menangkap seorang warga negara Lebanon yang dicurigai mengumpulkan dana untuk milisi Hezbollah yang dianggap Amerika Serikat sebagai kelompok teroris.

Assad Ahmad Barakat (51) ditangkap di kawasan air terjun Iguazu yang juga menjadi perbatasan antara Brasil, Argentina, dan Paraguay.

Kepolisian federal Brasil juga menuding, Assad membawa dokumen identitas palsu.

Baca juga: Tantang Israel, Hezbollah Sebut Punya Rudal Akurat

"Anggota keluarga Barakat melakukan pembelian barang bernilai 10 juta dolar AS, tanpa melapor, di sebuah kasino di kota Iguazu, Argentina," demikian kepolisian Brasil.

"Kami menduga hal tersebut dilakukan untuk pencucian uang," tambah kepolisian.

Kepolian menambahkan, uang tersebut sebenarnya ditujukan untuk anggaran Hezbollah tetapi dana serta aset lainnya sudah dibekukan pemerintah Argentina.

Assad Barakat pernah menjalani hukuman penjara enam tahun di sebuah penjara di Paraguaya karena menggelapkan pajak. Setelah bebas pada 2008, dia pindah ke Brasil.

Pada 1989, Assad mendapatkan status warga negara Paraguay tetapi pada 2003 kewarganegaraannya dicabut menyusul vonis dalam kasusnya.

Namun, pada April dia masih bisa memiliki paspor Paraguay yang kemudian memicu investigasi.

Pada 2006, nama Assad Barakat masuk ke dalam daftar inidividu atau kelompok  yang dekat dengan Hezbollah dan  beroperasi di kawasan perbatasan tiga negara itu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Al Arabiya
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.