Kompas.com - 21/09/2018, 17:47 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Presiden Suriah bashar al-Assad sebut Israel bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat intai Rusia Ilyushin Il-20 di Laut Mediterania.

Pesawat tersebut jatuh Senin malam (18/9/2018) waktu setempat ketika tengah kembali ke Pangkalan Udara Khmeimim bersama 15 orang pasukan.

Menurut penuturan seorang pejabat Amerika Serikat (AS), pesawat buatan Uni Soviet itu jatuh karena ditembak sistem rudal S-200 Rusia.

Baca juga: Pesawat Militer Rusia Hilang dari Radar di Perairan Suriah

Dalam pernyataan Rusia, Il-20 ditembak karena jet tempur F-16 Israel berada di dekat pesawat itu, dan menjadikannya sebagai pelindung.

Empat jet F-16 Israel itu menargetkan Provinsi Latakia yang diduga sebagai depot senjata dan amunisi kelompok penyokong Suriah, Hezbollah.

Dilansir Newsweek Kamis (20/9/2018), dalam surat kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, Assad berkata dia dan rakyat Suriah menyampaikan dukacita atas jatuhnya pesawat itu.

"Insiden tak menyenangkan ini merupakan hasil arogansi dan sikap antagonis Israel yang selalu menggunakan cara rendah untuk menggempur kawasan kami," kata Assad.

Presiden yang berkuasa sejak 2000 itu meyakini, tragedi itu tak akan menurunkan upaya kedua negara untuk mengenyahkan terorisme.

Adapun Putin memilih untuk tidak menyalahkan Tel Aviv dengan menyebut jatuhnya Il-20 merupakan kecelakaan yang sangat tragis.

Namun, dia memperingatkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk tidak melaksanakan serangan udara ke Suriah di masa depan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.