Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Bocah 7 Tahun dalam Kondisi Kritis Usai Diperkosa

Kompas.com - 20/09/2018, 19:11 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber CNN

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang anak perempuan berusia 7 tahun kini dalam kondisi kritis di sebuah rumah sakit di New Delhi, India usai menjalani operasi pasca-menjadi korban perkosaan.

Menurut keterangan polisi, Rabu (19/9/2018), seorang pemuda berusia 21 tahun ditangkap terkait kasus yang terjadi di distrik Shahdara, New Delhi.

"Kami belum bisa memberikan informasi lebih detil," kata Meghna Yadav, wakil komisioner Kepolisian New Delhi.

Namun, ketua Komisi Perempuan Delhi (DCW) Swati Maliwal mengatakan, anak perempuan itu dalam kondisi amat kesakitan usai serangan tersebut.

Baca juga: Mahasiswi India Diculik, Diperkosa, dan Ditinggalkan di Halte Bus

"Kami sedang mengupayakan rehabilitasinya. Sangat mengerikan kasus semacam ini seolah tak pernah berakhir di Delhi. Jumlah polisi di kota ini amat kurang," kata Maliwal.

Dalam serangkaian kicauan lewat akun Twitter-nya, Maliwal memberikan detil serangan yang dialami anak perempuan yang berasal dari keluarga miskin itu.

Maliwal mengatakan, anak itu dipancing untuk datang ke sebuah taman di kawasan Seemapuri, tempat tersangka melakukan aksinya.

"Saya tak bisa menggambarkan rasa sakit yang dideritanya. Dia kekurangan gizi dan masih harus menghadapi perjuangan berat," kata Maliwal.

"Kami akan mendukungnya dalam perjuangan hukum untuk memastikan pemerkosanya mendapatkan hukuman mati. Kami juga akan mendaftarkan aplikasi kompensasi dan melakukan upaya rehabilitasi," lanjut Maliwal.

Salah satu kasus perkosaan yang paling menggemparkan dunia terjadi pada Desember 2012.

Saat itu, enam orang pemuda secara bergantian memperkosa dan memukuli seorang mahasiswi berusia 23 tahun di dalam bus.

Mahasiswi itu akhirnya meninggal dunia akibat luka-lukanya meski sempat mendapatkan perawatan di Singapura.

Empat orang pelaku pemerkosaan ini mendapatkan hukuman gantung, satu orang bunuh diri, dan satu pelaku yang mesih remaja mendapakan hukuman tiga tahun penjara.

Kasus terakhir yang tak kalah menggemparkan adalah pemerkosaan dan pembunuhan seorang anak perempuan berusia 8 tahun di distrik Kathua, pegunungan Himalaya.

Anak ini diculik saat menggembalakan kudanya pada 12 Januari lalu. Dia kemudian dibius, diperkosa beberapa orang, dan dicekik sebelum jenazahnya dibuang ke hutan lima hari kemudian.

Delapan orang tersangka ditangkap termasuk tiga polisi dan seorang mantan pejabat pemerintah.

Baca juga: Cemburu pada Istri Muda, Perempuan di India Potong Kemaluan Suaminya

Pada April lalu, pemerintah India menerbitkan undang-undang yang memberikan ancaman hukuman mati bagi pelaku pemerkosaan anak di bawah umur.

Sayangnya, undang-undang itu justru belum diterapkan di New Delhi.

Menurut catatan Biro Catatan Kriminal Nasional (NCRB) pada 2016 terdapat 39.000 kasus perkosaan atau rata-rata terjadi satu perkosaan setiap 13,5 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com