Kompas.com - 18/09/2018, 13:22 WIB
|

MOSKWA, KOMPAS.com - Sistem pengendali ruang udara Rusia mencatat adanya peluncuran misil dari sebuah fregat AL Perancis di Laut Tengah, Senin (17/9/2018).

Militer Rusia mengatakan, fregat terbaru Perancis, FS Auvergne menembakkan sejumlah roket pada Senin pukul 20.00 malam di lepas pantai Suriah.

FS Auvergne adalah sebuah fregat serbaguna Eropa (FREMM) yang baru beroperasi di AL Perancis pada Februari lalu.

Baca juga: Lintasi Selat Channel, Kapal Perusak Rusia Dikuntit Fregat Inggris

Sebelum tugas resminya, kapal perang kelas Aquitaine itu sudah bertugas di berbagai lokasi termasuk Laut Tengah, Samudera Hindia, Teluk Persia, Laut China Selatan, dan Samudera Pasifik.

Penembakkan roket dari Auvergne itu terdeteksi di waktu yang sama saat menara pengendali pangkalan AU Khmeimim, Suriah kehilangan kontak dengan pesawat Il-20 dalam serangan udara Israel di Latakia.

Pesawat yang hilang itu membawa 14 orang penumpang dan kini operasi pencarian sedang dilakukan.Sejauh ini militer Israel (IDF) menolak mengomentari laporan itu.

Meski Israel jarang menyerang target di dalam wilayah Suriah, tetapi awal tahun ini IDF mengaku menyerang 202 "target Iran" di Suriah.

Di sisi lain, ketegangan di Idlib semakin meningkat di saat Turki dan Rusia sepakat untuk mendirikan "zona demiliterisasi" di antara kelompok pemberontak dan militer Suriah.

Baca juga: Filipina Teken Pengadaan Fregat dengan Korsel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.