Kompas.com - 17/09/2018, 17:11 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathtir Mohamad membeberkan rahasia rumah tangganya yang harmonis dengan sang istri, Siti Hasmah.

Mahathir dan Siti Hasmah bertemu di Kampus Kedokteran King Edward VII Singapura, kini Universitas Nasional Singapura, pada 1947.

Keduanya lalu menikah di Agustus 1956, dan dikaruniai tujuh anak. Hingga kini, usia pernikahan mereka telah menginjak 62 tahun.

Baca juga: Istri Mahathir Mohamad Khawatir dengan Kesehatan Suaminya

Dilansir Bernama via Straits Times Senin (17/9/2018), Mahathir mengungkapkan dua faktor kunci yang membuat rumah tangganya selalu harmonis.

Yakni toleransi dan pertimbangan akan anak-anak mereka. Mahathir berkata, saat pertama menikah, mereka menyadari memiliki banyak perbedaan.

Masing-masing memiliki argumen. Seiring mereka yang semakin tua, PM 93 tahun itu berujar mereka tak bisa saling mengubah satu sama lain.

"Saya tak bisa mengubah dia, begitu juga sebaliknya. Jadi, cara terbaik adalah belajar menerima pasangan apa adanya," ujar Mahathir.

PM yang pernah menjabat di 1981-2003 tersebut menuturkan perempuan 88 tahun itu begitu setia mendampingi sepanjang karir politiknya.

Bahkan, ketika dia tak lagi menjabat sebagai orang nomor satu Negeri "Jiran". Siti Hasmah selalu berkata satu hal kepada suaminya.

"Dia berujar, di setiap pria yang sukses terdapat istri, bukan perempuan," tutur dia yang menambahkan, istrinya memaklumi jika dia harus pergi karena tugas.

"Begitu juga jika dia menerima panggilan pekerjaan. Dia maklum, saya juga. Saya pikir inilah namanya toleransi," lanjut Mahathir.

PM tertua dunia itu melanjutkan, faktor kedua adalah mereka mempertahankan pernikahan demi anak-anak mereka.

"Anak-anak tentunya tak bahagia jika orangtua mereka berpisah. Karena itu, penting untuk mengedepankan anak," ujar dia.

Baca juga: Mahathir Kecam Pencambukan Dua Perempuan Lesbian di Terengganu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.