Mengenal 3 "Shotgun" Terbaik di Dunia, Berikut Keunggulannya...

Kompas.com - 15/09/2018, 19:13 WIB
Ilustrasi senapan serbu AK-47 Kalasnikov.THINKSTOCKPHOTOS Ilustrasi senapan serbu AK-47 Kalasnikov.

KOMPAS.com - Shotgun atau senapan gentel merupakan salah satu senjata api dengan menggunakan selongsong peluru berbentuk silinder.

Senjata ini terbilang jenis berat, karena itu penembak biasanya menyenderkan gagangnya ke bahu agar senjata tidak goyang ketika peluru ditembakkan, sehingga bisa tepat sasaran.

Saat perang, jenis senjata ini digunakan untuk menghancurkan target jarak jauh maupun dekat. Lubang ukuran larasnya biasanya berukuran 5,5 milimeter hingga 5 sentimeter.

Sampai saat ini, tercatat terdapat tiga macam senapan gentel terbaik di dunia. Apa saja? Berikut daftarnya:


1. AA-12 Amerika Serikat

AA-12wikipedia.org AA-12

Senapan ini muncul di pasar setelah Perang Vietnam, ketika militer AS sangat butuh senjata ampuh untuk pertempuran jarak dekat.

AA-12 adalah senapan gentel (shotgun) otomatis dengan magasin atau alat penyimpanan dan pengisian amunisi 32 putaran. Ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan tembakan beruntun dengan 12 amunisi sekaligus.

Fitur utama dari senjata ini adalah hentakan rendah yang memungkinkan seorang penembak pemula tak hanya salah sasaran, bahkan menimbulkan kekacauan.

Tembakan ini sering digunakan di lapangan tembak Amerika Serikat

2. Saiga-12 Rusia

Saiga-12wikipedia.org Saiga-12

Kalau Amerika Serikat punya AA-12, Rusia mempunyai Saiga-12. Kedua senjata memiliki fitur tembakan beruntun, namun laju tembakan Saiga-12 hampir dua kali lipat lebih banyak.

Saiga-12 mengadopsi desain AK-47 yang dibuat dengan konfigurasi (varian) yang beragam.

Shotgun itu dapat mengeluarkan 600 tembakan per menit.

Halaman:


Terkini Lainnya


Close Ads X