Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunuh Pemilik Rumah Kontrakan, Satu Keluarga Divonis Hukuman Mati

Kompas.com - 14/09/2018, 21:29 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

BEIJING, KOMPAS.com - Pengadilan Qingdao, China menjatuhkan hukuman mati terhadap empat orang yang merupakan satu keluarga setelah terbukti membunuh pemilik rumah kontrakan mereka.

Keempat orang itu membunuh sang pemilik rumah, istri, dan kedua anaknya pada 2017 setelah diminta segera membayar uang sewa rumah.

Keempat terpidana dan para korbanya tinggal di gedung apartemen yang sama di distrik Chengyang, Qingdao, kota besar berpenduduk enam juta jiwa di wilayah timur China.

Baca juga: Simpan Mayat Istri di Freezer Selama 3 Bulan, Pria Ini Dihukum Mati

Keempat pelaku pembunuhan itu diidentifikasi bernama Li Jizhong (40), istrinya Li Chenghua (32), ayahnya Li Zhongzhi (68), dan ibunya Jin Shanjin (68).

Keluarga ini tinggal di lantai lima gedung apartemen itu sementara sang pemilik rumah, keluarga Ji, tinggal di lantai enam.

Sejumlah laporan menyebut keluarga Li sudah tinggal di apartemen sewaan itu selama enam bulan tetapi belum membayar uang sewa sebesar 18.000 yuan atau hampir Rp 39 juta.

Dalam pernyataannya pada Jumat (14/9/2018), Pengadilan Qingdao mengatakan, Li Jizhong didakwa menculik pemilik apartemen sewaan dan keluarganya.

Penculikan dilakukan setelah pemilik apartemen meminta Li segera membayar uang sewa pada Oktober 2017.

Pengadilan menyebut, Li Jizhong berencana merampok keluarga Ji setelah menculik mereka. Li berharap dengan menguras harta keluarga Ji maka dia bisa hidup lebih baik.

Li kemudian meyakinkan istri dan kedua orangtuanya untuk membantu menjalankan rencana jahat tersebut.

Mereka kemudian berencana menipu keluarga Ji agar datang ke apartemen yang mereka sewa dan membunuh keluarga Ji jika mereka melawan.

Li dan keluarganya kemudian membeli pisau, tali tambang, tali sepatu serta berlatih sebelum menjalankan aksinya pada November 2017.

Pada 14 November 2017, Li mengundang keluarga Ji satu persatu ke apartemen sewaan itu.

Pertama kali, Li meminta pemilik apartemen, kepala keluarga Ji, untuk datang karena televisi di apartemen itu rusak dan butuh perbaikan.

Saat Ji datang, Li dan keluarganya kemudian menyekap pria itu di kamar tidur.

Halaman:
Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com