Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Volkswagen Hentikan Produksi VW Kodok

Kompas.com - 14/09/2018, 11:53 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

BERLIN, KOMPAS.com - Perusahaan otomotif asal Jerman, Volkswagen, Kamis (13/9/2018) mengumumkan penghentian produksi mobil ikoniknya VW Beetle atau di Indonesia dikenal dengan sebutan VW Kodok pada 2019.

Mobil yang bentuknya terinspirasi serangga kumbang ini sudah digunakan sejak masa Perang Dunia II dan kemudian menjadi fenomena global.

Namun, mobil ikonik ini sekarang terpinggirkan karena Volkswagen mulai menekankan produksi mobil listrik dan mobil keluarga berukuran besar.

Baca juga: Kuburan Ratusan Ribu Korban Dieselgate Volkswagen

"Dengan rencana untuk fokus memproduksi mobil keluarga dan mobil listrik, sejauh ini belum ada rencana untuk mengganti (VW Beetle)," kata Dorektur Eksekutif Volkswagen Amerika, Hinrich Woebcken.

Meski demikian, lanjut Hinrich, pihaknya tidak menutup pintu adanya perubahan keputusan di masa depan.

"Hilangnya Beetle setelah tiga generasi atau sekitar 70 tahun, akan menjadi hal yang amat emosional bagi jutaan penggemar Beetle," tambah Hinrich.

Volkswagen berencana membuat dua model edisi terakhir baik jenis coupe atau covertible.

Sejarah mobil unik ini bisa dirunut sejak masa Nazi berkuasa di Jerman. Mobil ini dikembangkan Ferdinand Porsche dengan dukungan penuh Adolf Hitler yang ditandai berdirinya pabrik mobil milik negara Volkswagenwerk pada 1937.

Usai Perang Dunia II, sekutu menjadikan produksi Volkswagen sebagai priorits untuk menghidupkan kembali industri otomotif Jerman.

Mobil ini pertama kali dipasarkan di Amerika Serikat pada 1950-an tetapi angka penjualannya tidak terlalu bagus.

Nampaknya, latar belakang sebagai perusahaan yang pernah menjadi milik Nazi menjadi penghalang.

Pada 1959, perusahaan iklan Doyle Dane Bernback memberi nama "Beetle" untuk mobil ini dan menyebut ukurannya yang kecil justru menjadi keuntungan tersendiri.

Popularitas mobil ini melejit setelah muncul dalam film "The Love Bug" buatan Disney pada 1968. Film ini mengisahkan sebuah Volkswagen yang memiliki pikiran sendiri.

Baca juga: VW Kodok Klasik Mint Condition Siap Dipinang

Mobil ini semakin populer setelah muncul dalam karya Andy Warhol serta menjadi lata belakang sampul albun "Abbey Road" milik The Beatles.

Pada 1979, penjualan VW Beetle di AS dihentikan tetapi mobil itu tetap diprodiksi di Meksiko dan Brasil.

Namun, angka penjualan VW Beetle di AS menurun 3,2 persen menjadi 15.667 unit pada 2017. Masalah bertambah ketika skandal "dieselgate" muncul ke permukaan pada 2015.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com