Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Rambutnya Dianggap Berbahaya, Bocah Ini Dilarang ke Sekolah

Kompas.com - 13/09/2018, 21:29 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

MILTON KEYNES, KOMPAS.com - Sebuah sekolah di Inggris melarang salah seorang siswanya untuk hadir di sekolah karena gaya rambutnya yang dianggap berbahaya.

Melansir dari Metro.co.uk, Sekolah Dasar Drayton Park di Bletchley, Milton Keynes, telah melarang Charlie Chafer (6) untuk hadir di sekolah sebelum dia mengubah gaya rambutnya.

Charlie diketahui kembali ke sekolah setelah liburan musim panas usai dengan gaya rambut mohawk.

Ibu Charlie, Kirstie-Lea Day (26) terkejut saat mengetahui dirinya dipanggil oleh pihak sekolah pada Jumat (7/9/2018), dan diberi tahu jika anaknya tidak diizinkan masuk kelas sebelum mengubah gaya rambutnya.

Pihak sekolah beralasan, gaya rambut mohawk seperti yang dipilih Charlie, dapat mencolek mata anak lain di sekolah.

Baca juga: 12 Gaya Rambut Pria Terkeren dalam Piala Dunia 2018

Mendengar alasan tersebut, Kirstie-Lea merasa pihak sekolah telah bersikap tidak adil kepada anaknya.

"Ini hanya mohawk kecil dan rapi, tidak mempengaruhi pembelajarannya maupun siswa lainnya. Sungguh tidak adil bagi Charlie jika dia menjadi satu-satunya yang harus mencukur rambutnya," kata Kirstie-Lea.

Kirstie, ibu dari tiga anak, diberi pilihan oleh sekolah untuk mencukur rambut putranya atau membawanya pulang, serta tidak akan mengizinkannya berada di sekolah selama masih menggunakan gaya rambut itu.

Menurut Kirstie, rambut mohawk anaknya hanya setinggi empat sentimeter dan tidak pantas menyebutnya berbahaya.

Saat dia mengancam akan memindahkan putranya ke sekolah lain, pihak sekolah mengatakan bahwa gaya rambut Charlie tidak pantas dan dapat mengalihkan perhatian anak-anak lainnya.

"Tapi banyak anak-anak lain yang memiliki gaya rambut lebih ekstrem, seperti garis-garis, berbintang bahkan manik-manik."

"Dan saya diberitahu untuk mencukur rambut anak saya karena alasan keamanan, karena bisa menusuk mata seseorang," ujar Kirstie-Lea.

Dalam laman situs resmi sekolah Drayton Park disebutkan bahwa sekolah tidak mengizinkan siswa untuk memiliki potongan rambut yang ekstrem karena dianggap bakal mengalihkan perhatian siswa lain dan mengganggu proses pembelajaran.

Baca juga: Rambut Acak-acakan Tertiup Angin, Meghan Markle Menuai Kritik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com