Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaim Sukses Tangani Badai di Puerto Rico, Trump Panen Kritikan

Kompas.com - 12/09/2018, 14:40 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CNN,BBC

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menuai kritikan karena menyebut penanganan badai di Puerto Rico sukses.

Awalnya, Trump menyebut penanganan Badai Maria di Puerto Rico merupakan contoh tolok ukur persiapan menyambut Badai Florence.

Dilansir CNN Selasa (11/9/2018), presiden 72 tahun itu berkata proses pemulihan di Puerto Rico terbilang sulit karena wilayahnya merupakan pulau.

Baca juga: Trump Klaim Pemerintah AS Siap Antisipasi Badai Florence

"Saya pikir penanganan di Puerto Rico menakjubkan. Sukses terhebat yang tidak pernah dibicarakan," tutur Trump.

Dia melanjutkan, Washington telah menggelontorkan miliaran dolar AS, dan menyatakan rakyat Puerto Rico sangat mengapresiasi tindakan mereka.

Komentar Trump itu langsung memantik kecaman dari Wali Kota San Juan, ibu kota Puerto Rico, Carmen Yulin Cruz, melalui akun Twitter-nya.

"Jika dia berpikir korban tewas nyaris mencapai 3.000 orang merupakan sebuah kesuksesan, maka ampunilah kami Tuhan," kata Cruz.

Sebelumnya di akhir Agustus, pemerintah Puerto Rico mengumumkan jumlah korban tewas Badai Maria mencapai 2.975 orang.

Angka tersebut diambil dari penyelidikan independen yang dilakukan pemerintah, dan mengalami kenaikan hingga 46 kali lipat.

Pada data yang dirilis Desember 2017, korban tewas Badai Maria hanya 64 orang. Pemerintah berujar bakal memperbaiki data tersebut jika ada temuan baru.

Dia melanjutkan komentar Trump merupakan noda bagi kepemimpinannya, sekaligus melukai para korban yang masih menjalani perawatan.

Kecaman juga datang dari Gubernur Ricardo Rossello. Dia menyebut sebagai wilayah persemakmuran AS, Puerto Rico tak bisa mendapat hak yang hanya bisa dinikmati wilayah induk.

Baca juga: Ancaman Badai Florence, 1 Juta Penduduk AS Diminta Segera Mengungsi

Dari dalam AS, Senator Demokrat Chuck Schumer berujar ucapan Trump begitu menyinggung, salah kaprah, dan menyakitkan.

"Hampir 3.000 orang tewas. Itu bukanlah kesuksesan. Fakta tersebut merupakan sebuah tragedi dan sangat memalukan," lanjut Senator Bernie Sanders dikutip BBC.

Otoritas AS telah mengeluarkan peringatan Badai Florence sebagai badai berkategori empat sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan besar.

Sekitar 1 juta warga yang ada di Carolina Utara, Carolina Selatan, maupun Virginia diperintahkan untuk melakukan evakuasi.

Baca juga: Laporan Terbaru Klaim Badai Maria di Puerto Rico Renggut 2.975 Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com