Kompas.com - 11/09/2018, 11:33 WIB

SAO PAULO, KOMPAS.com - Sekelompok orang dengan senjata api dilaporkan menyerang penjara dengan level keamanan tinggi di timur laut Brasil.

AFP melaporkan Senin (10/9/2018), dari keterangan polisi, serangan tersebut dilakukan sekitar 20 orang yang menumpang empat mobil.

Kelompok bersenjata itu menyerang menara pengawas Penjara Romeu Goncalves Abrantes, dan menghancurkan pintu gerbang menggunakan bom.

Baca juga: Sepanjang Tahun Lalu 63.380 Orang Dibunuh di Brasil

Romeu Goncalves Abrantes merupakan fasilitas penjara berpenghuni 680 napi di Joao Pessoa, ibu kota Negara Bagian Paraiba.

Akibat serangan itu, seorang polisi tewas setelah sempat dirawat di rumah sakit. Sedangkan 92 orang narapidana kabur.

Sekretariat penjara Kolonel Sergio Fonseca de Souza mengatakan, pada tengah hari waktu setempat, aparat berhasil menangkap 41 dari 92 napi tersebut.

Nyaris setengah dari napi itu mampu diamankan setelah kepolisian memutuskan menutup seluruh tempat umum di Joao Pessoa.

"Tujuan kelompok itu adalah membebaskan tiga pelaku penyerangan bersenjata yang ditahan pada tahun lalu," ulas De Souza.

Brasil merupakan negara dengan jumlah populasi napi terbesar ketiga di dunia. Menurut data statistik Juni 2016, ada 726.712 orang.

Angka itu melebihi kapasitas penjara yang bisa menampung 368.049 napi. "Seluruh Brasil mengalami situasi ini," kata polisi militer Kolonel Euller Chaves.

Selain kelebihan penghuni, penjara di Negeri "Samba" sering dilaporkan harus menghadapi kekerasan antar-geng, hingga percobaan kabur.

Baca juga: 99 Tahanan Buron Setelah Kerusuhan Mematikan di Penjara Brasil

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.