Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Kepercayaan Publik Filipina terhadap Duterte Capai Titik Terendah

Kompas.com - 09/09/2018, 10:11 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

MANILA, KOMPAS.com — Tingkat kepercayaan publik Filipina terhadap Presiden Rodrigo Duterte menempati titik terendah sejak mulai menjabat.

Hasil tersebut diperoleh melalui survei independen yang dilakukan oleh lembaga penelitian yang berbasis di Filipina, Social Weather Stations (SWS).

Survei yang dilakukan digunakan untuk mengukur tingkat kepercayaan publik terhadap kepribadian presiden.

Hasil survei yang diumumkan pada Sabtu (8/9/2018) tersebut menunjukkan angka +57, yang turun delapan poin dari survei sebelumnya.

Itu menjadi poin terendah yang pernah diraih selama sembilan kali survei yang dilakukan sejak Duterte mulai menjabat sebagai presiden pada Juni 2016.

Baca juga: Duterte: Selama Ada Wanita Cantik, maka Bakal Banyak Perkosaan

Meskipun hasil survei disebut yang terendah, kepercayaan publik Filipina terhadap Presiden Duterte masih berada dalam peringkat "sangat baik".

Melansir dari SCMP, survei dilakukan dengan mengurangi persentase responden yang menjawab dengan "kurang percaya" terhadap Duterte dari mereka yang mengatakan "cukup percaya" terhadap presiden.

Survei terakhir dilakukan SWS dengan 1.200 responden. Dimulai pada akhir Juni, sepekan setelah pernyataan Duterte yang menyebut Tuhan dengan kata "bodoh".

Pernyataan itu keluar dari Duterte yang membalas kritikan oleh para pemuka Gereja Katolik atas kampanye anti-narkotika yang telah menewaskan ribuan orang.

Duterte meraih tingkat kepercayaan tertinggi pada angka +79, yang didapat melalui survei yang dilakukan tak lama setelah dirinya menjabat.

Menurut Ramon Casiple, Kepala Institut untuk Reformasi Politik dan Pemilihan di Manila,  menurunnya tingkat kepercayaan terhadap presiden adalah hal wajar untuk tahap dua tahun masa jabatannya.

Dan meskipun mengalami penurunan, kantor Kepresidenan Filipina menyambut positif hasil survei.

Baca juga: Duterte Minta Maaf kepada Tuhan

"Kami kini bekerja dua kali lipat untuk membantu keluarga yang terkena dampak harga tinggi sementara menjaga ekonomi tetap stabil," kata juru bicara kepresidenan, Harry Roque, dalam sebuah pernyataan.

Inflasi tahunan di Filipina tengah mencapai tingkat tertinggi dalam hampir satu dekade terakhir pada Agustus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com