Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Tarik Diplomatnya dari Tiga Negara yang Putus Hubungan dengan Taiwan

Kompas.com - 09/09/2018, 07:17 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com — Pemerintah Amerika Serikat memanggil kembali utusannya dari tiga negara Amerika Latin yang baru-baru ini memutus hubungan diplomatiknya dengan Taiwan.

Pemanggilan tersebut dilakukan pada Jumat (7/9/2018) lalu dan selanjutnya akan dilakukan konsultasi antara Pemerintah AS dengan para diplomatnya.

"Departemen Luar Negeri telah memanggil kembali Duta Besar AS untuk Republik Dominika Robin Bernstein, Duta Besar AS untuk El Salvador Jean Manes, dan Kuasa Usaha AS di Panama Roxanne Cabral," kata sebuah pernyataan yang dilansir AFP, Sabtu (8/9/2018).

Baca juga: Mantan Presiden Taiwan Serukan Referendum untuk Tentukan Hubungan dengan China

"Ketiga kepala misi itu akan bertemu para pemimpin Pemerintah AS untuk membahas cara-cara di mana Amerika Serikat dapat mendukung lembaga-lembaga dan ekonomi yang kuat, independen, serta demokratis di Amerika Tengah dan Karibia," lanjut pernyataan tersebut.

Washington pada bulan lalu, menuduh Beijing telah merusak hubungan lintas-selat dan melakukan campur tangan politik dengan memburu sekutu Taiwan di Barat.

Selama beberapa tahun terakhir, Taiwan dan China telah terlibat dalam apa yang bisa disebut dengan perang diplomatik di negara-negara berkembang.

Kedua pemerintahan menggunakan dukungan ekonomi dan bantuan lainnya yang sering menjadi alat tawar-menawar untuk mendapatkan pengakuan diplomatik.

Beijing tetap menganggap pemerintahan Taiwan yang berkuasa dan demokratis sebagai bagian dari wilayah di bawah kebijakan Satu China.

Namun, hubungan Taipei dengan Beijing telah memburuk sejak Presiden Tsai Ing-wen menjabat pada 2016 dengan tegas menolak untuk mengakui kebijakan itu.

Pemerintah China pun disebut terus menekan negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan untuk mengalihkan pengakuannya ke Beijing.

Terbaru, El Savador yang telah memutuskan meninggalkan hubungan diplomatiknya dengan Taiwan pada Agustus lalu menjadi negara kelima yang mengakhiri hubungan dengan Taiwan sejak masa kepemimpinan Presiden Tsai.

Baca juga: AS Dikabarkan Kirim Personel Keamanan ke Kedutaan di Taiwan

Meski demikian, sementara sebagian besar negara yang semula menjalin hubungan dengan Taiwan telah beralih ke China, Taipei masih memiliki hubungan tak resmi dengan negara-negara kuat.

Sekutu tidak resmi yang paling penting bagi Taiwan adalah AS, yang tetap menjadi pemasok senjata utama untuk pemerintahan pulau tersebut, meski pada kenyataannya Washington juga telah mengalihkan pengakuan diplomatiknya ke Beijing pada 1979.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com