Influenza Diduga Bikin Banyak Kru dan Penumpang Emirates Jatuh Sakit - Kompas.com

Influenza Diduga Bikin Banyak Kru dan Penumpang Emirates Jatuh Sakit

Kompas.com - 06/09/2018, 12:20 WIB
Pesawat Airbus A380 milik maskapai Emirates yang mendarat di Bandara JFK, New York.SKY NEWS Pesawat Airbus A380 milik maskapai Emirates yang mendarat di Bandara JFK, New York.

NEW YORK, KOMPAS.com - Influenza diduga menjadi penyebab sakitnya 10 orang yang mendarat di Bandara John F Kennedy dengan maskapai penerbangan Emirates dari Dubai, Uni Emirat Arab.

Demikian pernyataan dari Komisioner Kesehatan Kota New York Dr Oxiris Barbot, seperti dikutip dari CNN, Rabu (5/9/2018).

Sebanyak 10 orang tersebut kini sudah dibawa ke rumah sakit. Sementara, pesawat Airbus A380 milik maskapai Emirates dikarantina beberapa jam setelah peristiwa tersebut.

Barbot mengatakan, dokter akan mengetahui lebih lanjut hasil uji pernapasan terhadap tiga penumpang dan 7 kru pesawat.

Baca juga: 10 Penumpang Sakit, Pesawat Airbus Dikarantina di Bandara AS

NBC New York mengabarkan, sebanyak 106 orang dari 521 orang yang berada dalam pesawat dilaporkan merasa sakit.

Dari jumlah itu, 19 orang dikonfirmasi jatuh sakit, dengan 10 orang di antaranya yang harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Seorang musisi sekaligus pembawa acara AS, Vanilla Ice, yang juga berada di pesawat tersebut mengunggah video dari dalam pesawat, menunjukkan banyak kru ambulans di sekitar dekat parkir pesawat.

"Saya baru saja mendarat dari Dubai dan sekarang ada banyak ambulans, mobil pemadam kebakaran, dan polisi di semua tempat," kicaunya di Twitter.

Pembawa acara "The Vanilla Ice Project" itu mengatakan, pesawat memiliki dua tingkat dan orang yang sakit berada di kabin bawah.

Pria yang memiliki nama asli Rob Van Winkle dinyatakan tidak sakit dan diperboleh melanjutkan perjalanan.

Baca juga: Pesawat Maskapai China Mendarat Darurat Tanpa Dua Roda

Seorang penumpang bernama Erin Skykes menyatakan, orang-orang mulai menunjukkan gejala sakit sejak berada di bandara Dubai.

"Saya meminta masker kepada kru sebelum kami lepas landas, tapi tidak tersedia," katanya.

Kru pesawat tidak mengatakan apa pun mengenai penumpang sakit sampai 39 menit sebelum pesawat mendarat.

"Kapten tidak membuat pengumuman dan bilang kalau tidak bisa turun sekarang karena ada beberapa orang sakit," ucap Skyes.


Komentar
Close Ads X