Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Karim Raslan
Pengamat ASEAN

Karim Raslan adalah kolumnis dan pengamat ASEAN. Dia telah menulis berbagai topik sejak 20 tahun silam. Kolomnya  CERITALAH, sudah dibukukan dalam "Ceritalah Malaysia" dan "Ceritalah Indonesia". Kini, kolom barunya CERITALAH ASEAN, akan terbit di Kompas.com setiap Kamis. Sebuah seri perjalanannya di Asia Tenggara mengeksplorasi topik yang lebih dari tema politik, mulai film, hiburan, gayahidup melalui esai khas Ceritalah. Ikuti Twitter dan Instagramnya di @fromKMR

Pelajaran Menulis Paling Berharga dari Peraih Nobel Sastra VS Naipaul

Kompas.com - 04/09/2018, 19:45 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

DIA adalah sosok yang telaten. Santun dan sabar. Ia duduk bersama narasumbernya dengan buku catatan yang terbuka, mengajukan pertanyaan, menyelidiki secara perlahan tapi pasti –menggali setiap detail secara personal dan intim.

Ia tidak menggunakan alat perekam. Ia menulis semuanya – kalimat per kalimat.
Proses yang melelahkan. Setiap kalimat ia catat lengkap.

Ia ingin mendengarkan semuanya – sebuah kisah kehidupan dari masa lampau, melibatkan beragam kota dan negara, mengenai para ayah yang keras kepala dengan banyak keluarga dan kakek nenek imigran – hingga buku catatannya penuh.

Mengutip Wikipedia, Vidiadhar Surajprasad Naipaul atau yang lebih sering dikenal sebagai VS Naipaul (lahir di Chaguanas, Trinidad dan Tobago, 17 Agustus 1932, meninggal di London, Inggris, pada 11 Agustus 2018 di usia 85 tahun.

Ia adalah seorang penulis Karibia keturunan India-Nepal penerima Penghargaan Nobel yang lahir di Trinidad dengan kewarganegaraan Britania.

Baca juga: 100 Hari Pakatan Harapan Memimpin Malaysia Baru

Pada 1990, ia dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Elizabeth. Ia menerima Penghargaan Nobel Sastra pada tahun 2001. Horace Engdahl yang menyampaikan pidato penghargaan, mendeskripsikan Naipaul sebagai “kolektor testimoni”.

Sir Vidia inilah yang saya temui 23 tahun lalu, ketika ia melakukan riset di Malaysia untuk sekuel dari buku perjalanan dunia Muslim-nya, Among the Believers: An Islamic Journey.

Karena dialah, lebih tepatnya dari caranya dalam bekerja, begitu berdampak dalam dan meninggalkan kesan abadi pada cara saya menulis.

Saya tidak menemaninya ke seluruh wawancaranya. Hanya ketika ia membutuhkan penerjemah. Ia dapat memahami mereka yang berbahasa Inggris.

Saya sering meninggalkan mereka untuk berbicara, kadang selama berjam-jam dan kembali ketika selesai.

Ia seakan-akan membenamkan diri ke dalam hidup mereka, mengumpulkan cerita – warna dan nuansa – sampai ia tenggelam, terbebani, dan hampir lenyap oleh tiap rincian yang detail.

Beberapa tahun kemudian ketika saya membaca bukunya Finding the Centre: Two Narratives (esai yang menjelaskan caranya meneliti dan menulis), saya mulai mengerti bahwa pendekatannya – pencarian tak berujung akan suatu tatanan atau pusat atau rumah – adalah dasar pencariannya tentang kebenaran.

Ini juga mengungkapkan sisi lembut yang mengejutkan – kerendahan hati seorang pria yang pada saat itu memiliki reputasi yang tidak tertandingi karena mudah tersinggung dan cenderung mementingkan diri sendiri.

Kenyataanya adalah, VS Naipaul menyukai setiap orang. Ia menemukan ketenangan dalam cerita mereka.

Baca juga: Evolusi Musik Molam di Tengah Pusaran Politik Thailand

Apa yang ia tak sukai adalah kekakuan dari teori, sistem, dan filosofi keagamaan yang ditegakkan oleh orang-orang dalam kehidupan mereka. Ia sangat mengutuknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com