Kompas.com - 04/09/2018, 14:01 WIB

FORT MYERS, KOMPAS.com - Otoritas penerbangan di Amerika Serikat melakukan investigasi terhadap pesawat milik maskapai American Airlines yang hampir saja mendarat di bandara yang salah.

Melansir dari Newsweek, Senin (3/8/2018), pesawat dengan nomor penerbangan 862 nyaris mendarat di landasan yang letaknya sekitar 11 km dari bandara seharusnya.

Insiden itu terjadi setelah pesawat Airbus 320 lepas landas dari Philadelphia menuju Fort Myers di Florida pada Kamis lalu.

Baca juga: Petugas Kebersihan Temukan Janin di Toilet Pesawat American Airlines

Pesawat sudah mendekati bandara tujuan yaitu Bandara Internasional Southwest Florida. Kemudian, pilot mengubah arah pesawat menuju ke bandara Page Field.

Bandara itu memang sempat digunakan sebagai bandara komersial sampai 1983. Namun, kini digunakan untuk penerbangan pesawat eksekutif saja.

Pesawat tersebut dilaporkan telah mencapai sekitar 240 meter di Page Field, yang hanya memiliki landasan sepanjang 2 km.

USA Today melaporkan, landasan di Bandara Internasional Southwest Florida memiliki panjang 3,6 km.

Pemandu lalu lintas udara berhasil mengarahkan pilot untuk menaikkan pesawat sekitar 460 km sehingga dapat mendarat ke bandara yang tepat, meski terjadi keterlambatan selama 25 menit.

Ada 137 penumpang dan lima kru pesawat dalam penerbangan tersebut. Salah seorang penumpang, Melissa Savoy, mengungkapkan, pesawat bergerak berputar-putar.

"Begitu kami mendekat, dia (pilot) bilang bahwa kami akan segera mendarat, tapi kemudian kami mulai turun sangat cepat," katanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.