Kompas.com - 03/09/2018, 17:46 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Warga ibu kota Korea Selatan dibayang-bayangi ketakutan akan keberadaan kamera tersembunyi saat menggunakan toliet umum.

Kekhawatiran tersebut akhirnya memaksa pemerintah setempat untuk menerapkan dilakukannya pemeriksaan rutin terhadap ribuan toilet umum di kota tersebut setiap harinya.

Namun jumlah toilet umum yang mencapai lebih dari 20.000 buah diperkirakan tidak akan dapat diperiksa setiap hari oleh 50 petugas pemeriksa yang dipekerjakan pemerintah Seoul.

Karena itu, di bawah rencana baru yang disusun pemerintah setempat, sekitar 8.000 pekerja yang saat ini menjadi penjaga toilet bakal mendapat tugas tambahan.

Baca juga: Cegah Pencurian Tisu, China Pasang Pemindai Wajah di Toilet Umum

Mereka bakal ditugaskan untuk memeriksa setiap sudut toilet yang mereka jaga dari kemungkinan adanya kamera tersembunyi.

Langkah pemeriksaan rutin secara harian tersebut dilakukan setelah muncul banyaknya keluhan warga, terutama kaum perempuan akan adanya kamera tersembunyi di toilet umum.

Diberitakan Yonhap News, banyak perempuan Seoul telah menjadi korban pelecehan kamera tersembunyi yang kemudian diunggah rekamannya ke dunia maya.

Video-video rekaman dari dalam toilet umum itu banyak diunggah tanpa sepengetahuan korban.

Tahun lalu, pihak berwajib telah menerima hingga 6.000 kasus rekaman toilet umum. Jumlah itu meningkat hingga tiga kali lipat dibandingkan tahun 2012.

Namun para pakar meyakini jumlah sesungguhnya jauh lebih banyak dari yang telah dilaporkan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.