Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Nasional Brasil yang Berusia 200 Tahun Dilalap Api

Kompas.com - 03/09/2018, 10:15 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber BBC

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Museum Nasional Brasil yang berusia 200 tahun dan merupakan institusi sains tertua di negeri itu terbakar pada Minggu (2/9/2018).

Sejauh ini belum diketahui adanya korban dalam tragedi tersebut, tetapi yang jelas di dalam bangunan itu terdapat lebih dari 20 juta benda bersejarah.

Museum ini, yang awalnya merupakan tempat tinggal keluarga kerajaan Portugal, baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-200 awal tahun ini.

Baca juga: Museum Inggris Kembalikan 8 Artefak Berusia 5.000 Tahun kepada Irak

Dalam tayangan televisi di Brasil terlihat api yang diduga muncul setelah museum itu tutup menyebar dengan cepat ke seluruh bagian gedung.

Presiden Brasil Michael Temer langsung memberikan komentar lewat akun Twitter-nya dengan menyebut tragedi itu sebagai hari paling menyedihkan bagi warga Brasil.

"Nilai sejarah kita tidak bisa dibandingkan dengan kehancuran bangunan itu," kata Temer.

Sementara itu, direktur museum kepada stasiun televisi Globo mengatakan, bencana tersebut adalah sebuah tragedi kebudayaan.

Museum ini menyimpa ribuan benda yang terkait dengan sejarah Brasil dan negara lain termasuk artefak kuno Mesir.

Baca juga: Di Helsinki, Ada Museum Unik Bawah Tanah

Sementara koleksi lainnya berupa tulang belulang dinosaurus dan kerangka perempuan berusia 12.000 tahun yang merupakan kerangka tertua yang ditemukan di benua Amerika.

Penyebab munculnya api belum diketahui, tetapi karyawan museum berulang kali menyatakan keprihatinan soal pemangkasan anggaran dan kondisi bangunan yang kurang terawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com