Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Tergelincir dan Terbakar di Bandara Rusia, Satu Orang Tewas

Kompas.com - 01/09/2018, 23:52 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

SOCHI, KOMPAS.com - Sebuah pesawat penumpang milik maskapai penerbangan Utair Airlines, tergelincir saat mendarat di Bandara Sochi, Rusia, Sabtu (1/9/2018) pagi.

Satu orang dilaporkan meninggal dunia saat insiden, diketahui akibat serangan jantung. Sementara sebanyak 18 penumpang mengalami luka-luka.

Pesawat penumpang tipe Boeing 737 itu terbang dari Moskwa menuju Sochi dengan membawa 166 penumpang dan enam kru pesawat.

Pesawat gagal mendarat sempurna hingga melewati landasan pacu dan terperosok ke tepian sungai.

Api sempat muncul pada bagian sayap pesawat yang rusak dan menyebabkan kebakaran, namun dengan cepat dapat dipadamkan sebelum menimbulkan bencana yang lebih besar.

Baca juga: Akibat Hujan Deras, Jet Penumpang China Tergelincir di Bandara Filipina

"Sebagai akibat dari kecelakaan saat dilakukannya pendaratan di Bandara Sochi, sebanyak 18 penumpang memerlukan perawatan medis," kata otoritas kesehatan setempat, dilansir AFP.

Di antara penumpang yang terluka termasuk tiga anak-anak, demikian disampaikan tim investigasi yang mengatakan penyelidikan telah dibuka untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan.

Menurut juru bicara Bandara Sochi, saat dilakukannya operasi penyelamatan, seorang pegawai bandara meninggal dunia. Diduga kuat akibat mengalami serangan jantung.

Sebanyak 16 kru ambulans bekerja di lokasi insiden untuk mengevakuasi para penumpang.

Pejabat Penerbangan Sipil Rusia, Oleg Smirnov mengatakan kepada stasiun televisi Rossiya24, pesawat mendarat di tengah hujan lebat dan angin kencang.

Sementara pihak Bandara Sochi menyampaikan dalam situs resminya bahwa kebakaran yang terjadi dapat dipadamkan dalam waktu delapan menit dan seluruh penumpang telah dievakuasi dalam 17 menit usai insiden.

Pengawas keamanan penerbangan Rusia akan melakukan asesmen terhadap bandara Sochi dan juga maskapai Utair Airlines.

Masalah keamanan penerbangan telah menjadi perhatian di Rusia setelah sejumlah kecelakaan fatal terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Tergelincir di Bandara Honduras, Badan Pesawat Jet Terbelah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com