Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Diduga Sedang Mempersiapkan Gelaran Parade Militer

Kompas.com - 01/09/2018, 22:55 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

PYONGYANG, KOMPAS.com — Korea Utara diduga tengah melakukan persiapan untuk menggelar parade militer. Hal tersebut berdasarkan hasil citraan satelit yang kemudian dianalisis oleh pakar.

Korea Utara akan segera merayakan 70 tahun berdirinya negara itu pada 9 September mendatang dan diyakini akan menggelar parade militer. Kemungkinan juga akan dihadiri oleh delegasi asing.

Parade militer telah lama menjadi cara bagi Korea Utara untuk memamerkan kekuatan militernya. Sebelumnya, parade militer juga sempat digelar pada Februari lalu.

Menurut pakar, parade militer yang akan digelar pada September mendatang kemungkinan akan mirip dengan yang ditampilkan pada 8 Februari lalu.

Baca juga: Situasi Makin Panas, Korea Utara Gelar Parade Militer Besar-besaran

Namun, sejauh ini belum ada tanda-tanda keberadaan rudal balistik antarbenua (ICBM) yang sempat diklaim mampu mencapai AS dan memicu kontroversi.

Melansir dari SCMP, gambar-gambar tersebut didapatkan melalui foto yang dikumpulkan oleh Planet Labs, perusahaan penyedia hasil citra satelit komersial yang berbasis di San Francisco, California.

"Saat ini, parade tampak cukup mirip jika tidak lebih kecil dibandingkan yang digelar pada Februari," kata Jeffrey Lewis, direktur Program Nonproliferasi Asia Timur di Institut Studi Internasional Middlebury, California.

Hasil foto udara menampilkan fasilitas pelatihan parade Mirim dan diambil pada 22 Agustus. Analisis dari tim Middlebury melihat deretan tank, artileri, kapal infantri, rudal anti-pesawat udara, hingga peluncur roket.

Persenjataan lain yang mungkin tersusun di lapangan pawai termasuk rudal jelajah, serta sedikitnya enam misil balistik jarak pendek yang pertama kali terlihat dalam parade pada  Februari.

Menurut para pakar, rudal balistik itu didasarkan pada rudal Iskander buatan Rusia dengan fitur tambahan dari rudal Korea Selatan, Hyunmoo-2.

"Sebanyak 99 kendaraan pertama tampak identik, Setelahnya kami hanya melihat 20 atau lebih rudal jarak pendek. Lebih banyak yang terlihat pada pawai di bulan Februari, termasuk ICBM," kata Lewis.

Baca juga: Biaya Melonjak, Pentagon Tunda Rencana Gelar Parade Militer

Analisis yang dilakukan pakar lain dari situs Stimson Centre 38 North juga mengatakan tidak ada tanda-tanda keberadaan ICBM.

"Jika ICBM dan rudal besar lainnya ditampilkan kemungkinan saat ini masih berada dalam tempat penyimpanan hingga hari pelaksanaan parade," tulis Joseph Bermudez dalam situsnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com