Kompas.com - 01/09/2018, 19:17 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Departemen Luar Negeri AS telah mengumumkan untuk memperpanjang peringatan perjalanan (travel advisory) ke Korea Utara hingga 31 Agustus 2019.

Melalui situs resmi, departemen luar negeri memperingatkan kepada warga negara AS untuk tidak melakukan perjalanan ke Korea Utara karena adanya risiko penangkapan yang serius.

"Jangan bepergian ke Korea Utara karena adanya risiko penangkapan dan penahanan jangka panjang yang serius terhadap warga negara AS," tulis Biro Urusan Konselor dalam pesan yang diunggah di situs departemen luar negeri, Jumat (31/8/2018).

Baca juga: Trump Sebut Hubungan AS dengan Korea Utara Rumit karena China

Dengan pemberlakuan peringatan perjalanan tersebut, warga AS yang ingin bepergian menuju ataupun melalui Korea Utara akan diharuskan memiliki validasi khusus dari departemen luar negeri.

"Pembatasan ini menyatakan bahwa individu tidak dapat menggunakan paspor AS untuk bepergian ke atau melalui negara komunis tersebut tanpa validasi khusus," lanjut pengumuman itu.

Dilansir Yonhap News, validasi khusus yang diterbitkan departemen luar negeri hanya akan diberikan dalam keadaan yang sangat terbatas, termasuk untuk kegiatan diplomatik maupun kemanusiaan.

Setelah mendapat validasi khusus, warga negara AS yang hendak bepergian ke Korea Utara juga dianjurkan membuat surat wasiat dan menunjuk penerima warisan serta menunjuk kuasa hukum.

Baca juga: Jelang Hari Nasional, Korea Utara Tangguhkan Permintaan Visa Turis

Mereka juga diminta menyusun rencana untuk orang terkasih mengenai perawatan dan hak asuh untuk anak-anak, hewan peliharaan, properti, aset serta wasiat pemakaman.

Departemen Luar Negeri juga mencatat bahwa Amerika Serikat tidak dapat memberikan layanan darurat kepada warga AS di Korea Utara karena tidak memiliki perwakilan diplomatik maupun konsuler di negara tersebut.

Meski demikian, pemerintah Swedia telah berfungsi sebagai pelindung bagi AS di Korea Utara dan menyediakan layanan darurat terbatas.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.