Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Norwegia Mengundurkan Diri demi Karier Medis Sang Istri

Kompas.com - 30/08/2018, 23:30 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

OSLO, KOMPAS.com — Menteri Transportasi dan Komunikasi Norwegia mengundurkan diri, Kamis (30/8/2018). Keputusan tersebut diambilnya demi mendukung karier sang istri.

Ketil Solvik-Olsen, anggota partai sayap kanan Norwegia, Progress Party, yang telah menjabat sejak 2013, mundur dari jabatannya sebagai menteri karena istrinya, Tone Solvik-Olsen, seorang tenaga medis, akan ditempatkan di rumah sakit anak di AS.

"Rasanya luar biasa dapat menjadi menteri dan pada kenyataannya saya bisa melanjutkannya sepanjang hidup saya," kata Solvik-Olsen dilansir AFP.

"Namun, saya telah sampai di persimpangan jalan dalam hidup saya di mana kini adalah giliran istri saya untuk mengejar mimpinya. Ini adalah kesepakatan yang kami miliki selama beberapa tahun," lanjutnya.

Baca juga: Gara-gara Liburan ke Iran, Menteri Norwegia Ini Mengundurkan Diri

Namun, Solvik-Olsen menambahkan bahwa dirinya dapat kembali ke garis depan politik pada tahap tertentu.

Keputusan Menteri Solvik-Olsen untuk mundur demi sang istri mendapat sambutan positif dari rakyat Norwegia yang menyebutnya telah melakukan langkah terhormat dan menjadi contoh yang baik.

Norwegia menjadi negara peringkat kedua, setelah Islandia, dalam upaya memperjuangkan keadilan gender secara global, menurut Forum Ekonomi Dunia terkait persamaan hak antara pria dan wanita.

Dilaporkan media lokal, Menteri Energi Terje Soviknes juga telah bersiap menyerahkan jabatannya untuk lebih berkonsentrasi pada politik lokal.

Sementara kantor Perdana Menteri Norwegia mengumumkan akan adanya perombakan kabinet pada Jumat (31/8/2018). Namun, tidak dijelaskan lebih rinci terkait rencana tersebut.

Partai sayap kanap, Progress Party, telah berkuasa di Norwegia sejak 2013 sebagai bagian dari koalisi dengan Partai Konservatif dan partai Liberal yang bergabung tahun lalu. Ketiga partai itu dipimpin oleh perempuan.

Baca juga: 2 Politisi Norwegia Calonkan Trump Terima Nobel Perdamaian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com