Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helikopter Militer Etiopia Jatuh, Seluruh Penumpang Tewas

Kompas.com - 30/08/2018, 22:56 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

ADDIS ABABA, KOMPAS.com - Kecelakaan menimpa sebuah helikopter militer yang membawa personil keamanan dan warga sipil di Etiopia. Sebanyak 18 penumpang dilaporkan tewas.

Melansir dari News.co.au, pejabat polisi Aschalew Alemi mengatakan kepada kantor berita Etiopia ENA, kecelakaan jatuhnya helikopter militer tersebut terjadi pada Kamis (30/8/2018) pagi di wilayah Oromia.

Ditambahkannya, helikopter militer ET-AIU yang jatuh sedang dalam perjalanan dari kota timur Dire Dawa menuju ke pangkalan udara di kota Bishoftu di tenggara ibu kota Addis Ababa.

Baca juga: Turis India Tewas akibat Kena Baling-baling Ekor Helikopter di Nepal

Kantor berita itu juga mengatakan, helikopter sudah terbakar di udara sebelum akhirnya jatuh ke tanah.

Belum ada rincian mengenai penyebab pasti terjadinya kecelakaan. Aschalew mengatakan pihaknya kini masih melakukan penyelidikan.

Sementara dilaporkan kantor penyiaran Fana, yang berafiliasi dengan pemerintah Etiopia, helikopter tersebut membawa penumpang 15 personil militer dan tiga orang warga sipil, dua di antaranya anak-anak.

Pernyataan bela sungkawa turut disampaikan Addisu Arega, seorang pejabat tinggi Oromia, wilayah tempat terjadinya insiden, melalui akun Facebook-nya.

"Saya mengungkapkan kesedihan mendalam bagi para korban yang meninggal dan juga keluarga mereka. Saat ini penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan," tulis Arega.

Sebelumnya pada 2013, kecelakaan armada militer Etiopia juga sempat terjadi dengan pesawat kargo yang jatuh di Mogadishu. Sebanyak empat awak pesawat tewas dalam kecelakaan itu.

Baca juga: Helikopter Jatuh di Rusia, 18 Orang Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com