Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Sukses Uji Coba Rudal Pencegat dengan Akurasi Tinggi

Kompas.com - 30/08/2018, 21:37 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia mengklaim berhasil melaksanakan uji coba rudal pencegat untuk melindungi Moskwa dari serangan udara.

Dilansir Daily Mirror Kamis (30/8/2018), uji coba itu berlangsung di fasilitas tes anti-rudal balistik di Sari Shagan, Kazakhstan.

Dalam video yang dirilis Kementerian Pertahanan, rudal itu meluncur dari lokasi uji coba setelah sebelumnya dibawa dengan konvoi truk.

Baca juga: Israel Kembangkan Rudal yang Mampu Jangkau Seluruh Timur Tengah

Wakil Komandan Pertahanan Rudal dan Udara Andrey Prikhodko berkata, setelah serangkaian uji coba, rudal itu berhasil mendapatkan spesifikasi yang diinginkan.

"Rudal itu sukses menjalankan tugasnya dengan menghantam target dengan mencatat rekor akurasi yang tinggi," ucap Prikhodko kepada Russian Today.

Rusia mengklaim rudal tersebut bisa melaju hingga tiga kilometer per detik dan disebut tidak tertandingi di dunia.

"Sistem PRO VCS itu didesain untuk mencegah adanya serangan rudal lain, dan menjamin keamanan Rusia hingga angkasa luar," demikian pernyataan Kemenhan.

Ini merupakan uji coba keempat yang dilakukan. Sebelumnya, rudal pencegat itu telah menjalani tes pada Februari, April, dan Juli.

Rusia menyatakan mereka bakal mengagendakan kembali fase uji coba bagi misil tersebut sebelum siap diproduksi bagi keperluan militer.

Maret lalu, Presiden Vladimir Putin memperkenalkan senjata baru pada pertemuan Dewan Nasional. Salah satunya adalah rudal hipersonik Avangard.

Selain itu, Putin juga mengenalkan rudal balistik antar-benua (ICBM) baru, kapal selam bertenaga nuklir, hingga laser tempur.

Baca juga: Iran Perkenalkan Rudal Balistik Generasi Terbaru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com