Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Beruang Kutub di Kanada Tewaskan Seorang Pemburu

Kompas.com - 30/08/2018, 12:04 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber BBC,CBC News

NAUJAAT, KOMPAS.com - Seorang pemburu di Kanada tewas diserang seekor beruang kutub dan anaknya, sementara dua pemburu lainnya mengalami luka ringan.

BBC mewartakan pada Kamis (30/8/2018), rombongan pemburu itu berada di Naujaat, Nunavut, sebuah desa kecil yang terletak di Lingkaran Arktik.

Mereka diketahui sedang mencari paus narwhal dan rusa kutub ketika diserang oleh beruang. Induk beruang dan anaknya ditembak mati, usai menyerang para pemburu.

Baca juga: Serang Kru Kapal Pesiar, Seekor Beruang Kutub Mati Ditembak

Tidak jelas apakah induk beruang dan anaknya dibunuh oleh pemburu atau oleh pihak berwenang.

"Ini merupakan beban berat untuk membagikan kabar sedih ini ke masyarakat," kata wali kota Naujaat, Solomon Malliki, kepada CBC News.

Tim pencarian dan penyelamatan wilayah Naujaat mencari keberadaan para pria tersebut, karena mereka tidak berhasil kembali dari perburuan sesuai dengan rencana.

Maliki menyatakan awalnya perjalanan mereka kembali terhambat oleh cuaca buruk dan masalah mekanis pada perahu.

Dua orang yang selamat dalam insiden itu ditemukan di pesisir Lyon Inlet, sekitar 100 km bagian timur Naujaat. Mereka terjebak selama tiga hari sambil menunggu tim penyelamat datang.

Namun, beberapa beruang lain nampak mengelilingi lokasi kamp mereka. Tiga beruang lainnya juga dilaporkan mati di lokasi tersebut.

Baca juga: Lindungi Anaknya, Seorang Ayah di Kanada Tewas Diserang Beruang Kutub

Insiden serangan beruang kutub yang berakhir fatal pernah terjadi sebelumnya di Kanada.

Pada Juli lalu, seorang ayah tewas saat melindungi anaknya dari serangan beruang di Nunavut. Dia meminta putrinya untuk berlari menyelamatkan diri.

Sebuah studi pada 2017 yang meneliti serangan beruang kutub di Kanada, Greenland, Norwegia, Rusia, dan Amerika Serikat, menemukan penyebab agresifnya binatang itu karena rasa lapar dan upaya untuk melindungi anaknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,CBC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com