Kompas.com - 30/08/2018, 08:16 WIB

PHOENIX, KOMPAS.com - Veteran militer berjajar di kedua sisi Arizona State Capitol pada Rabu (29/8/2018) menyambut peti mati Senator John S McCain. Pada tanggal itu pula, McCain dilahirkan ke dunia tepatnya 29 Agustus 1936.

Menempuh perjalanan selama lebih dari 7 jam melalui jalur darat dari rumahnya di California, jenazah McCain dibawa ke Phoenix.

Keluarga dekatnya dan para pemimpin politik di Arizona memberikan penghargaan kepada mantan penerbang angkatan laut, yang pernah mengalami penyiksaan sebagai tawanan perang di Vietnam.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: John McCain, Veteran Perang dan Senator AS

Gubernur Arizona Doug Ducey memeluk istri McCain, Cindy McCain, ketika dia tiba untuk upacara pribadi singkat pada pagi hari yang menjadi hari ulang tahun McCain yang ke-82.

Sejumlah tokoh politik menyampaikan pidato singkat untuk menghormati McCain. Keluarganya mendengarkan dengan tenang, lalu berbaris untuk melewati peti mati.

Cindy McCain menyeka pipinya sebentar, dan putrinya, Meghan McCain, terlihat menangis ketika mendekati peti mati sang ayah. Ratapannya bergema di seluruh ruangan.

Di luar gedung, masyarakat menunggu sampai tiba waktunya mereka diperbolehkan memberikan penghormatan langsung.

Mereka mengingat McCain sebagai contoh dari seorang negarawan yang berjuang untuk menyatukan rakyat Amerika terlepas dari perbedaan politik.

"Saya ingin memberikan penghargaan dan penghormatan luar biasa terakhir saya," kata Frank Xavier Marcial, seorang veteran yang hadir.

Baca juga: Penduduk Vietnam Beri Penghormatan kepada John McCain

Senator AS John Sidney McCain III.AFP / GABRIEL BOUYS Senator AS John Sidney McCain III.
Marcial merupakan satu dari ratusan orang yang mengantre berjam-jam, sebelum peti diperlihatkan kepada publik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.