Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendungan Tak Kuasa Tahan Luapan Air, 100 Desa di Myanmar Tergenang

Kompas.com - 29/08/2018, 18:52 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

YANGON, KOMPAS.com - Hujan lebat yang mengguyur wilayah tengah Myanmar mengakibatkan permukaan air di sebuah bendungan naik dan akhirnya meluap, Rabu (29/8/2018).

Akibatnya, sekitar 100 dan jalan raya terbesar di negeri itu terendam. Demikian disampaikan pemerintah Myanmar.

Sejauh ini belum dikabarkan adanya korban jiwa tetapi ribuan orang terpaksa mengungsi ke tempat-tempat penampungan sementara.

Baca juga: Bendungan di Laos Jebol, 17 Orang Tewas dan Ratusan Warga Masih Hilang

Bendungan Swar Chaung tak mampu lagi menampung luapan air. Akhirnya air menyerbu pedesaan yang memaksa warga mengungsi sambil membawa harta benda mereka.

Tekanan banjir juga mengakibatkan sebagian jembatan di jalan raya Yangon-Mandalay rusak. Padahal jalan ini adalah ruas utama yang menghubungkan kedua kota besar itu.

"Kami belum memiliki data pasti jumlah korban tetapi air menggenangi wilayah dengan penduduk sekitar 50.000 orang," kata Menteri Kesejahteraan Sosial Phyu Lae Lae Tun.

Menteri Phyu menambah sebanyak 12.000 rumah di sekitar 100 desa terdampak banjir ini.

Sementara itu, Panglima AD Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing, di tengah sorotan usai laporan tim penyidik PBB, langsung mengunjungi lokasi bencana.

"Kami harus bekerja sama. Bendungan saat ini tak mampu mengendalikan aliran air saat ini," ujar Hlaing.

Jurnalis AFP di Myanmar menyaksikan iring-iringan kendaraan militer membawa perahu-perahu karet bergerak menuju ke daerah bencana.

Penampungan pengungsi juga terus dibangun sementara sejumlah pengungsi untuk sementara ditampung di sejumlah biara di sekitar lokasi bencana.

Baca juga: Hujan Deras Akibatkan Bendungan Jebol di Kenya, 32 Tewas

"Kami belum memiliki data seberapa banyak jumlah pengungsi dan jumlah mereka yang masih berada di lokasi yang terendam air," kata Menteri Phyu.

Bulan lalu, Laos juga diguyur hujan deras yang mengakibatkan sebuah bendungan meluap yang mengakibatkan 35 orang tewas dan banyak lagi yang hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com