Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuil Hindu Terbesar di Uni Emirat Arab Hampir Selesai Dibangun

Kompas.com - 29/08/2018, 15:06 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Al Arabiya

DUBAI, KOMPAS.com - Sebuah kuil Hindu terbesar di Uni Emirat Arab (UEA) sudah hampir selesai pembangunannya dan siap untuk menerima pengunjung dalam waktu dekat.

Demikian dikabarkan Sawab Center, pusat komunikasi yang dibentuk pemerintah UEA untuk memerangi ideologi eksterimis di dunia maya.

Kuil Hindu itu terletak di Abu Dhabi dan pembangunannya disepakati pemerintah UEA ketika PM India Narendra Modi melakukan kunjungan resmi pada 2015.

Baca juga: Polisi India Dakwa 6 Orang Terkait Ledakan di Kuil Hindu Kerala

"Kami sungguh berterima kasih kepada pemerintah UEA karena tak hanya memberi dukungan tetapi juga memberikan arahan dalam seluruh proyek ini," kata Sadhu Brahma Viharidas, pengelola kuil Swaminarayan Sansta ini.

Viharidas menambahkan, kuil ini akan sepenuhnya selesai dibangun dan bisa digunakan pada 2020.

Menurut harian Gulf News, kuil yang memiliki tujuh menara untuk menggambarkan tujuh keemiran di UEA ini berdiri di atas lahan seluas 5,6 hektar di kawasan Abu Mureikhah, Abu Dhabi.

Pemerintah Abu Dhabi mengatakan, pembangunan kuil itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ratusan ribu umat Hindu yang tinggal di tempat itu.

Dengan adanya kuil ini maka umat Hindu tidak perlu bepergian jauh ke Dubai, tempat kuil Hindu terdekat dari Abu Dhabi berada.

Komite pembangunan kuil Hindu itu dipimpin pebisnis India BR Shetty yang juga ikut membiayai proyek tersebut.

Baca juga: Telur-telur Pokemon Go Masuk Kuil, Dianggap Hinaan untuk Umat Hindu

"UEA adalah contoh terbaik toleransi beragama serta keharmonisan saat banyak bangsa yang tinggal di negara ini," ujar Shetty.

Kuil Hindu pertama di UEA dibangun pada 1958 setelah pemimpin negeri itu Sheikh Rashid bin Saeed al-Maktoum memberikan izin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com