Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: J Wolfgang von Goethe, Sastrawan Modern Terbesar Jerman

Kompas.com - 28/08/2018, 20:50 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KOMPAS.com - Seorang penyair, penulis naskah, novelis, ilmuwan, negarawan, sutradara teater, hingga kritikus, Johann Wolfgang von Goethe dianggap sebagai sastrawan terbesar Jerman di era modern.

Karya-karya Goethe beragam mulai dari lirik puisi, novel, naskah pertunjukan drama hingga berbagai bentuk karya tulis lainnya.

Terdapat lebih dari 10.000 karya tulisan dan ditambah hampir 3.000 gambar yang dibuat Goethe dan masih tersimpan hingga saat ini.

Berkat karya-karyanya, Goethe disebut sebagai salah satu seniman sastra Jerman yang pengaruhnya dapat dirasakan hingga seluruh Eropa bahkan dunia.

Tulisannya menjadi sumber inspirasi dalam musik, drama dan puisi, bahkan seorang Charles Darwin pernah terinspirasi oleh karya Goethe.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Zaha Hadid, Ratu Arsitektur Modern

Lahir di Frankfurt, negara bagian Hessen, Jerman pada 28 Agustus 1749, Goethe adalah anak pertama dari pasangan Johann Caspar Goethe, seorang ahli hukum, cendikiawan, pecinta seni dan orang yang kaya raya, dengan Catharina Elizabeth Textor.

Goethe memiliki tujuh adik, namun hanya seorang adik perempuan bernama Cornelia Friederica Christiana yang bertahan hidup.

Goethe tidak pernah merasakan bersekolah di sekolah umum. Semasa kecil, dia selalu belajar dari guru privat atau langsung dari sang ayah.

Hal tersebut membuat Goethe dekat dengan ayahnya, termasuk dalam kegemarannya terhadap seni sastra. Karya-karya dari Friedrich Gottlieb Klopstock dan Homer termasuk yang paling disukainya.

Mengikuti jejak sang ayah, Goethe juga mempelajari ilmu hukum dan masuk ke Universitas Leipzig pada 1765 hingga 1768.

Pada 1767, dia menerbitkan buku kumpulan puisi pertamanya yang berjudul Anette, yang dipersembahkan untuk perempuan yang dikaguminya di bangku kuliah.

Namun setahun berselang, sang ayah memerintahkannya untuk kembali ke Frankfurt karena Goethe mengalami sakit dan pendidikannya tidak berjalan lancar.

Baru pada 1770, Goethe kembali melanjutkan pendidikan hukumnya di Kota Strassburg hingga lulus dan mendapat gelar Litentatius Juris.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Alexander Fleming, Penemu Antibiotik Pertama

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com