Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penduduk Vietnam Beri Penghormatan kepada John McCain

Kompas.com - 28/08/2018, 16:40 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

HANOI, KOMPAS.com - Warga Vietnam memberikan penghormatan kepada mendiang senator AS, John McCain yang meninggal dunia pada Sabtu (25/8/2018) malam.

Penduduk Vietnam menjuluki McCain sebagai "rekan yang berjuang untuk perdamaian". Mereka memberi penghormatan dengan meletakkan karangan bunga di Memorial McCain di tepi Danau Truc Bach, Hanoi.

John Sidney McCain III adalah pilot Angkatan Laut AS yang turut terlibat dalam Perang Vietnam. Pada 1967, pesawat A4 Skyhawk yang diterbangkannya ditembak jatuh  di Danau Truc Bach dan dia ditahan oleh tentara Vietnam.

Baca juga: Media Massa Rusia Beramai-ramai Kecam Mendiang John McCain

McCain menghabiskan lebih dari lima tahun sebagai tawanan perang dan ditahan di penjara yang dikenal sebagai Hanoi Hilton. Dia juga mendapat siksaaan selama dalam penahanan.

McCain dibebaskan pada 1973 dan untuk mengenang jasanya dibangun sebuah monumen peringatan, McCain Memorial, yang menggambarkan sosok seorang pilot dengan tangan terikat di atas kepala dan sayap pesawat yang rusak.

"Kontribusinya dalam hubungan Vietnam-AS akan selalu diingat," kata mantan direktur Museum Sejarah Militer Vietnam, Le Ma Luong, kepada Reuters.

Luong yang pernah bertemu dengan McCain pada 2010 mengingat sosok veteran perang itu sebagai sosok yang pandai bicara dan profesional.

"Saya menyesal karena Vietnam tidak dapat menemukan cincin pemberian istrinya yang hilang saat dia diseret dari danau lebih dari 50 tahun lalu," ujarnya dilansir dari New York Post.

Salah seorang warga Hanoi, Nguyen Van Trung, memuji McCain sebagai sosok yang telah memperjuangkan perdamaian di banyak negara, termasuk Vietnam.

Kedutaan Besar AS di Hanoi mengumumkan pada Minggu (26/8/2018), rencana meluncurkan Beasiswa McCain-Kerry untuk mendukung para pemimpin muda Vietnam yang berkomitmen terhadap pelayanan publik untuk studi banding ke Amerika Serikat setiap tahun.

Baca juga: Trump Akhirnya Sampaikan Penghormatan untuk Mendiang McCain

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com