Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Putih Akhiri Pengibaran Bendera Setengah Tiang untuk McCain

Kompas.com - 27/08/2018, 23:31 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Bendera negara AS di Gedung Putih tampak sudah dikibarkan dengan tiang penuh pada Senin (27/8/2018), menandakan berakhirnya masa berkabung untuk Senator John McCain yang meninggal pada Sabtu (25/8/2018).

Hal tersebut tak biasa lantaran Gedung Putih biasanya memberikan penghormatan kepada para anggota parlemen yang meninggal dengan pengibaran bendera setengah tiang sampai pada hari pemakaman.

Melansir dari New York Post, McCain, yang meninggal di usia 81 tahun karena tumor otak yang dideritanya, baru dijadwalkan akan dimakamkan pada Minggu (2/9/2018) mendatang di Akademi Angkatan Laut AS di Annapolis, Maryland.

Sebelum dimakamkan, jenazah McCain akan disemayamkan di Arizona Capitol di Phoenix dan di Capitol Rotunda di Washington DC.

Baca juga: Trump Tak Izinkan Gedung Putih Beri Pujian ke Senator John McCain

Sementara Gubernur Arizona Doug Ducey telah memerintahkan gedung-gedung pemerintahan untuk mengibarkan bendera setengah tiang hingga petang saat hari pemakaman.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump juga membatalkan rilis pernyataan Gedung Putih yang memberikan pujian kepada anggota senator sekaligus eks tawanan Perang Vietnam tersebut dan memilih mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga mendiang melalui sebuah twit pada Minggu (26/7/2018).

Hubungan antara Presiden Trump dengan McCain memang diketahui cukup buruk, terutama dalam beberapa tahun terakhir setelah Trump terpilih sebagai presiden AS.

Trump sempat menyindir status pahlawan perang yang disematkan pada McCain karena pernah ditangkap dan disiksa pasukan Vietnam saat perang.

Akibat hubungan buruk di antara keduanya, McCain dikabarkan berpesan kepada Gedung Putih agar tidak mengizinkan Trump hadir dalam pemakamannya.

Sementara, Mantan Presiden Barack Obama dan George W Bush telah diminta untuk menyampaikan eulogi (pujian).

Baca juga: Media Massa Rusia Beramai-ramai Kecam Mendiang John McCain

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com