Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2018, 22:59 WIB

JALUR GAZA, KOMPAS.com - Pemerintah Israel kembali membuka satu-satunya penyeberangan orang di Jalur Gaza mulai Senin (27/8/2018).

Penyeberangan Erez telah ditutup otoritas Israel pada 19 Agustus lalu setelah terjadi aksi protes yang berujung pada bentrokan dan kekerasan di sepanjang perbatasan dengan wilayah Palestina.

Namun pada Minggu (26/8/2018) malam, Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman mengatakan penyeberangan tersebut akan dibuka kembali pada Senin (27/8/2018), karena masa tenang yang telah dipertahankan selama seminggu terakhir.

Baca juga: Hamas Yakin Israel Segera Cabut Blokade Terhadap Jalur Gaza

Juru bicara kementerian pertahanan Israel, yang mengawasi penyeberangan Erez menegaskan bahwa perlintasan orang tersebut telah dibuka kembali sesuai dengan rencana.

Pemerintah Israel telah memberlakukan blokade udara, darat, dan laut di Jalur Gaza selama lebih dari satu dekade. Namun tetap memberikan izin kepada orang-orang untuk menyeberang dengan alasan khusus.

Rata-rata sekitar 1.000 warga Gaza menyeberang melalui Erez, yang merupakan satu-satunya titik perlintasan orang keluar dan masuk wilayah Gaza, setiap harinya.

Mereka yang diizinkan melintas kebanyakan karena membutuhkan perawatan medis, selain juga pengusaha, pelajar dan lainnya.

Selain Eraz, terdapat perlintasan lain yang dikhususkan untuk barang, yakni di Kerem Shalom.

Ketegangan terjadi di sepanjang perbatasan selama beberapa bulan terakhir dengan aksi protes dan bentrokan antara warga Gaza dengan militer Israel.

Pejabat Mesir bersama dengan PBB telah berupaya menengahi gencatan senjata jangka panjang antara Israel dengan kelompok Hamas.

Baca juga: Melawan Kemiskinan, Nelayan di Gaza Bikin Perahu dari Botol Plastik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.