Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Massa Rusia Beramai-ramai Kecam Mendiang John McCain

Kompas.com - 27/08/2018, 19:32 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Media massa pro-Kremlin, Senin (27/8/2018), tidak mau "berbaik hati" terhadap Senator John McCain yang meninggal dunia pada akhir pekan lalu.

McCain amat tak disukai Rusia karena mendukung para pemimpin negara-negara bekas Uni Soviet seperti Georgia dan Ukraina yang pro-Barat.

Dia semakin tak disukai setelah menjadi salah satu pendukung dijatuhkannya sanksi terhadap Rusia pasca-aneksasi Semenanjung Crimea.

"McCain merupakan simbol Russofobia dan dia amat tak menyukai kebijakan luar negeri Rusia yang independen," demikian stasiun televisi Rossiya 1.

Baca juga: Trump Tak Izinkan Gedung Putih Beri Pujian ke Senator John McCain

Kecaman terhadap rekam jejak McCain terkait Rusia juga disampaikan tabloid Komsomolskaya Pravda lewat editorialnya.

"McCain amat menyukai perang. Jika Anda belum tewas, itu bukan salah McCain. Dia sudah mencoba," ujar editorial tabloid itu.

Sedangkan Life News, sebuah situs berita pro-Kremlin, mengolok-olok McCain yang menulis opininya di situs berita tidak ternama pravda.ru.

McCain nampaknya menganggap situs itu memiliki kaitan dengan harian Pravda yang amat berpengaruh di masa Uni Soviet.

"Nampaknya tak ada yang memberitahu sang senator bahwa banyak hal telah berubah sejak dia menjadi tawanan perang di Vietnam," tulis Life News.

Stasiun televisi Rossiya 1 lewat siara berita pada Minggu (26/8/2018) malam, bahkan meluangkan waktu hingga empat menit untuk mengupas kehidupan McCain.

"McCain mendukung semua operasi militer dan perang yang dikobarkan AS -Kosovo, Irak. Libya - jika dia tidak kalah dua kali dalam pemilihan presiden, pasti lebih banyak kehancuran yang dibuatnya," demikian Rossiya 1.

Siaran berita itu bahkan menyertakan detil saat pesawat tempur yang diterbangkan McCain ditembak jatuh misil SA 75-Divini buatan Rusia di masa Perang Vietnam.

Sementara itu, ketua komite luar negeri Senat Rusia, Konstantin Kosachev lewat akun Facebook-nya menyebut satu-satunya ideologi McCain adalah melindungi diri sendiri dan menghancurkan orang lain.

Namun, tak semua politisi Rusia mengecam McCain. Salah satunya adalah Leonid Slutsky, ketua komite urusan luar negeri parlemen, menyebut McCain sebagai sosok pemberani dan memiliki prinsip.

Baca juga: Bush dan Obama Bakal Beri Pujian di Upacara Pemakaman John McCain

Sedangkan Oleg Morozov, anggota komite luar negeri Senat Rusia, memuji sikap McCain yang suka berterus terang.

"Seorang musuh telah tiada, saya menghormatinya karena kejujurannya, untuk kebenciannya, penolakan untuk rekonsiliasi. Orang lain menyembunyikan pikirannya, dia mengatakan apa yang dia pikirkan," ujar Morozov lewat akun Facebooknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com