Kompas.com - 27/08/2018, 19:32 WIB
|

MOSKWA, KOMPAS.com - Media massa pro-Kremlin, Senin (27/8/2018), tidak mau "berbaik hati" terhadap Senator John McCain yang meninggal dunia pada akhir pekan lalu.

McCain amat tak disukai Rusia karena mendukung para pemimpin negara-negara bekas Uni Soviet seperti Georgia dan Ukraina yang pro-Barat.

Dia semakin tak disukai setelah menjadi salah satu pendukung dijatuhkannya sanksi terhadap Rusia pasca-aneksasi Semenanjung Crimea.

"McCain merupakan simbol Russofobia dan dia amat tak menyukai kebijakan luar negeri Rusia yang independen," demikian stasiun televisi Rossiya 1.

Baca juga: Trump Tak Izinkan Gedung Putih Beri Pujian ke Senator John McCain

Kecaman terhadap rekam jejak McCain terkait Rusia juga disampaikan tabloid Komsomolskaya Pravda lewat editorialnya.

"McCain amat menyukai perang. Jika Anda belum tewas, itu bukan salah McCain. Dia sudah mencoba," ujar editorial tabloid itu.

Sedangkan Life News, sebuah situs berita pro-Kremlin, mengolok-olok McCain yang menulis opininya di situs berita tidak ternama pravda.ru.

McCain nampaknya menganggap situs itu memiliki kaitan dengan harian Pravda yang amat berpengaruh di masa Uni Soviet.

"Nampaknya tak ada yang memberitahu sang senator bahwa banyak hal telah berubah sejak dia menjadi tawanan perang di Vietnam," tulis Life News.

Stasiun televisi Rossiya 1 lewat siara berita pada Minggu (26/8/2018) malam, bahkan meluangkan waktu hingga empat menit untuk mengupas kehidupan McCain.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.