Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: WEB Du Bois, Aktivis Hak Asasi Warga Kulit Hitam

Kompas.com - 27/08/2018, 18:33 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KOMPAS.com - William Edward Burghardt Du Bois atau yang lebih dikenal dengan W.E.B. Du Bois, adalah seorang penulis, pengajar, sosiolog dan aktivis yang karya-karyanya telah banyak mengubah cara pandang dan hidup warga kulit hitam di lingkungan Amerika.

Sepanjang hidupnya, Du Bois telah menulis artikel, esai, penelitian, bahkan novel, yang mengangkat tema kehidupan warga kulit hitam di AS.

Du Bois lahir di Great Barrington, Massachusetts, pada 23 Februari 1868. Ayahnya, Alfred Du Bois meninggalkan keluarga dua tahun setelah kelahiran Du Bois, sementara sang ibu, Mary Silvina Burghardt meninggal saat Du Bois berusia 17 tahun.

Dalam keluarganya, Du Bois adalah yang pertama mengecap bangku sekolah tinggi atas desakan ibunya. Dia bahkan menempuh pendidikan tinggi hingga lulus gelar master.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Levi Strauss, Pencetus Lahirnya Blue Jeans

Pada 1885, Du Bois pindah ke Nashville, Tennessee untuk melanjutkan kuliah di Universitas Fisk, yang dikhususkan bagi anak kulit hitam.

Saat inilah Du Bois pertama kali bersinggungan dengan Undang-undang Jim Crows dan melihat diskriminasi dan rasisme yang merajalela di Amerika selatan kala itu.

Setelah lulus dari Universitas Fisk, Du Bois melanjutkan ke Universitas Harvard. Pada 1895, dia menjadi keturunan Afrika-Amerika pertama yang meraih gelar doktor dari Harvard.

Setelahnya, dia masih melanjutkan lagi menempuh pendidikan ke Universitas Berlin di Jerman.

Perjuangan Lewat Tulisan

Buku pertamanya yang dipublikasikan pada 1896 adalah karya disertasinya yang berjudul "Penindasan dalam Perdagangan Budak Afrika ke Amerika Serikat 1638-1870" dan menjadi salah satu buku wajib di sekolah-sekolah di AS.

Karir menulisnya mulai berkembang setelah Du Bois mempublikasikan penelitiannya tentang komunitas Afrika-Amerika yang berjudul The Philadelphia Negro: A Social Study, pada 1899.

Penelitiannya itu dianggap sebagai salah satu contoh awal dari penggunaan data statistik untuk tujuan sosiologis.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Elvis Presley, King of Rock n Roll

Du Bois menggunakan hasil wawancara lapangan yang didapatnya dari kunjungan ke rumah-rumah keluarga kulit hitam.

Pada 1897, Biro Statistik Tenaga Kerja AS menawari Du Bois pekerjaan yang mengantarkannya ke sejumlah penelitian tentang keluarga penduduk kulit hitam di Farmville, Virginia.

Penelitian tersebut kemudian mengungkapkan bagaimana perbudakan masih mempengaruhi kehidupan pribadi warga keturunan Afrika-Amerika.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com