Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Trump Keliru Mewarnai Bendera AS

Kompas.com - 27/08/2018, 12:14 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

COLUMBUS, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump berkunjung ke rumah sakit anak-anak di Ohio. Momen seperti ini memang dianggap sebagai kegiatan klasik bagi politisi, tapi juga bisa berakhir dengan kesalahan.

Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar mengunggah foto Trump sedang mewarnai bendera AS bersama dengan anak-anak di RS Anak di Columbus.

Ditemani dengan Ibu Negara Melania, Trump dan Kementerian Kesehatan awalnya ingin menyoroti krisis kecanduan opiod di AS, namun perhatian tertuju pada gambar bendera yang diwarnai Trump.

Azar bisa saja tak menyadari kesalahan kecil dalam foto, namun tidak demikian dengan warganet.

Segera kritikan membanjiri foto tersebut sebab Trump terlihat mewarnai bendera AS secara keliru.

Baca juga: Trump Tak Izinkan Gedung Putih Beri Pujian ke Senator John McCain

Pria berusia 72 tahun itu terlihat mewarnai bendera Amerika dengan warna biru pada bagian garisnya.

Sebagai informasi, bendera AS memiliki pola terdiri dari 13 garis mendatar berwarna merah dan putih yang melambangkan 13 koloni pertama kala AS merdeka.

Sementara, bagian kiri atas bendera berjuluk The Stars and Stripes ini terdapat persegi panjang berwarna biru dengan taburan 50 bintang yang merepresentasikan negara bagian di AS.

Para pengguna Twitter memperbesar gambar bendera yang diwarnai Trump dan terlihat jelas warna biru pada bagian garis bendera AS.

"Presiden mewarnai benderanya salah. Ya, begitulah," tulis seorang pengguna Twitter, Talia.

Baca juga: Trump Minta Menlu Pompeo Batalkan Kunjungan ke Korut

Beberapa pengguna Twitter berkelakar mengenai kemungkinan Trump sedang mewarnai bendera Rusia yang memiliki warna biru pada salah satu bagian garisnya.

Pada Mei lalu, Trump pernah menyerang pemain football AS karena tidak menghormati bendera dan memilih berlutut selama berkumandangnya lagu kebangsaan sebelum pertandingan.

"Garis-garis bendera AS berwarna merah dan putih. Trump harus tahu ini, mengingat dia pernah menyoroti masalah pemain football yang berlutut," kata aktivis dan penulis lagu, Holly Figueroa O'Reilly.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com