Kompas.com - 27/08/2018, 10:12 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mendiang Senator Amerika Serikat (AS) John McCain bakal menjalani upacara pemakaman sepanjang sepekan penuh.

Dua mantan presiden Barack Obama dan George W Bush dilaporkan telah diminta untuk memberi eulogi (pujian) saat upacara pemakaman.

Obama dan Bush mendapat tempat khusus karena keduanya merupakan mantan pesaing ketika McCain mulai masuk ke dalam arena pemilihan presiden.

Baca juga: Senator John McCain Meninggal Dunia

McCain kalah dari Bush dalam pemilihan awal kandidat presiden Partai Republik pada 2000. Sementara Obama menumbangkan McCain di Pilpres 2008.

Dilaporkan New York Times via People Minggu (26/8/2018), dikabarkan McCain sendiri yang meminta mereka secara langsung sebelumnya.

Sebelumnya, McCain bakal disemayamkan di ibu kota Negara Bagian Arizona, Phoenix, pada Rabu (29/8/2018), di mana mantan Wakil Presiden Joe Biden bakal memberi pidato.

Adapun dari pemerintahan saat ini, McCain telah meminta kepada Gedung Putih hanya Wapres Mike Pence yang boleh datang. Dia tak mengizinkan Presiden Donald Trump.

Meski begitu, Trump sempat menyampaikan ucapan belasungkawa melalui kicauan di Twitter ketika McCain diumumkan meninggal.

Setelah itu, mendiang senator berusia 81 tahun tersebut bakal disemayamkan di Katedral Nasional Washington pada Jumat (31/8/2018).

Dari Katedral Nasional, jenazah McCain bakal dikebumikan di Akademi Angkatan Laut AS di dekat Annapolis Minggu (2/8/2018).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.