Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bush dan Obama Bakal Beri Pujian di Upacara Pemakaman John McCain

Kompas.com - 27/08/2018, 10:12 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mendiang Senator Amerika Serikat (AS) John McCain bakal menjalani upacara pemakaman sepanjang sepekan penuh.

Dua mantan presiden Barack Obama dan George W Bush dilaporkan telah diminta untuk memberi eulogi (pujian) saat upacara pemakaman.

Obama dan Bush mendapat tempat khusus karena keduanya merupakan mantan pesaing ketika McCain mulai masuk ke dalam arena pemilihan presiden.

Baca juga: Senator John McCain Meninggal Dunia

McCain kalah dari Bush dalam pemilihan awal kandidat presiden Partai Republik pada 2000. Sementara Obama menumbangkan McCain di Pilpres 2008.

Dilaporkan New York Times via People Minggu (26/8/2018), dikabarkan McCain sendiri yang meminta mereka secara langsung sebelumnya.

Sebelumnya, McCain bakal disemayamkan di ibu kota Negara Bagian Arizona, Phoenix, pada Rabu (29/8/2018), di mana mantan Wakil Presiden Joe Biden bakal memberi pidato.

Adapun dari pemerintahan saat ini, McCain telah meminta kepada Gedung Putih hanya Wapres Mike Pence yang boleh datang. Dia tak mengizinkan Presiden Donald Trump.

Meski begitu, Trump sempat menyampaikan ucapan belasungkawa melalui kicauan di Twitter ketika McCain diumumkan meninggal.

Setelah itu, mendiang senator berusia 81 tahun tersebut bakal disemayamkan di Katedral Nasional Washington pada Jumat (31/8/2018).

Dari Katedral Nasional, jenazah McCain bakal dikebumikan di Akademi Angkatan Laut AS di dekat Annapolis Minggu (2/8/2018).

Diwartakan CBS News, pahlawan Perang Vietnam itu meminta agar dia bisa dimakamkan di samping rekan-rekannya sejak September 2017.

"Saya ingin, jika saya pergi, upacara digelar di Akademi AL. Di sana, orang-orang bakal melihat dan berkata 'orang ini telah mengharumkan negaranya'," kata McCain saat itu.

Sebelumnya, kantor McCain mengumumkan bahwa senator yang menjabat sejak 1987 itu meninggal Sabtu (25/8/2018) akibat kanker otak.

Dia meninggal empat hari sebelum ulang tahunnya yang ke-82 tahun. Sebelumnya, keluarganya menyatakan dia telah menolak pengobatan.

Baca juga: Ini Pesan Terakhir McCain kepada Gedung Putih

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com