Kompas.com - 25/08/2018, 13:53 WIB

KOMPAS.com - Hari ini 29 tahun lalu, tepatnya 25 Agustus 1989, Voyager 2 berhasil mencapai Planet Neptunus dan kemudian keluar dari orbit tata surya.

Voyager 2 merupakan pesawat antariksa pertama yang bisa mencapai Neptunus.

AS bermaksud mengunjungi empat planet besar di tata surya dengan memanfaatkan suatu keadaan langka yaitu "Planetary Grand Tour".

Planetory Grand Tour merupakan suatu geometri langka planet-planet luar yang hanya terjadi sekali dalam 176 tahun.

Keberhasilannya mengunjungi semua planet luar membuat Voyager 2 sering disebut sebagai wahana penjelajah ruang angkasa paling produktif.

Gambar-gambar planet terluar yang muncul di buku, majalah, dan internet, sebagian besar menggunakan gambar yang diambil oleh Voyager 2, terutama untuk Uranus dan Neptunus.

Harian Kompas, 21 Agustus 1981, memberitakan, Voyager 2 telah diluncurkan NASA dari Landasan Tanjung Canaveral menggunakan Roket Titan IIIE pada 20 Agustus 1977.

Setelah hampir empat tahun berada di luar angkasa, Vetoger II telah melewati sembilan satelit di Saturnus.

Satelit seberat 825 kg tersebut telah mengarungi jarak hampir empat miliar kilometer untuk menguak tabir rahasia planet di luar angkasa dengan menampilkan gambar-gambar Planet Saturnus.

Hasilnya, Voyager 2 bisa menunjukkan keadaan Saturnus yang merupakan planet ke-6 dalam susunan tata surya yang memiliki volume 744 kali bumi.

Halaman:
Baca tentang



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.