Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Pekan Hilang, Gadis Ini Selamat Setelah Menghindari Beruang

Kompas.com - 24/08/2018, 22:53 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Seorang remaja dilaporkan selamat setelah sempat menghilang di kawasan terpencil utara Rusia selama dua pekan.

Diwartakan Daily Mirror Jumat (24/8/2018), Svetlana Evai selamat dari kawasan Arktik dengan menghindari beruang maupun serigala yang ada di sana.

Selama dua pekan, untuk bertahan hidup dia mengandalkan air dan buah beri. Kemunculannya dilaporkan merupakan keajaiban karena dia berhasil mengatasi suhu dingin.

Baca juga: Tiga Hari Menghilang, Nelayan Parepare Ditemukan Tewas

Berasal dari keluarga penggembala rusa kutub, Svetlana tersesat sejauh enam kilometer ketika tengah mengunjungi saudaranya dari kamp musim panas.

Tim penyelamat datang ke lokasi kejadian di Semenanjung Gydan setelah tiga hari. Pencarian dilakukan, namun Svetlana tak kunjung ditemukan.

Keluarganya khawatir dia diserang beruang coklat setelah mereka sempat mendengar aumannya di kawasan tersebut.

Sang bibi, Irina Yar menjelaskan, suaminya akhirnya menemukan keponakan mereka sedang berjalan menuju ke arahnya sembari kedinginan.

The Siberian Times memberitakan, dia langsung dievakuasi menuju rumah sakit terdekat dengan menggunakan helikopter.

Eldar Faradjev, dokter kepala di Rumah Sakit Tazovky berkata, Svetlana selamat dengan makan cranberry, beri merah, hitam, serta cloudberry.

"Tekanan darah serta detak jantungnya stabil. Tidak ada hal membahayakan yang kami temukan di organ vitalnya," tutur Faradjev.

Dia hanya menderita luka di lutut dan kaki karena merangkak di tanah beku atau permafrost ketika berusaha pulang.

Sementara kepala pencarian Vitaly Pavlychkov menjelaskan untuk urusan minum, remaja 15 tahun itu diuntungkan dengan adanya tundra.

"Tundra di Gydan selalu penuh dengan air. Jika Anda berjalan di sana saat musim panas, Anda bakal sedikit terbenam," paparnya.

Baca juga: Bocah yang Hilang di Sekitar Kali Kabur Timika Ditemukan Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com