Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selundupkan 500 Kg Kokain Pakai Jet Pribadi, 4 Pria Masuk Bui

Kompas.com - 24/08/2018, 08:10 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber BBC

LONDON, KOMPAS.com - Empat pria terbukti bersalah karena menyelundupkan setengah ton kokain senilai 41 juta pound sterling Rp 768,6 miliar ke Inggris dengan menumpang jet pribadi.

Melansir BBC, Kamis (23/8/2018), kokain tersebut dimasukkan ke dalam 15 koper. Petugas berhasil mendeteksinya ketika sampai di Bandara Farnborough dari Kolombia pada Januari lalu.

Allessandro Iembo, Marin Neil, dan Victor Franco-Lorenzo divonis hukuman penjara masing-masing 24 tahun, sementara Jose Ramon Miguelez-Botas divonis 20 tahun bui.

Baca juga: Sembunyikan Kokain dalam Bra, Gadis Remaja Hong Kong Ditahan

Saat mendarat di bandara, mereka sudah ditunggu oleh armada mobil yang disewa untuk membawa barang bawaan, namun dihentiikan oleh petugas Pasukan Perbatasan.

Badan Kriminalitas Nasional Inggris (NCA) menyatakan, komplotan itu melabeli kokain dengan logo "Superman" untuk mengelabuhi petugas.

Penangkapan mereka diduga terkait kartel besar di Kolombia, mengingat dalam penyelidikan terbukti tiga dari mereka pernah melakukan penyelundupan tanpa terdeteksi pada Desember 2017.

Seorang wanita diketahui menyewa jet pribadi untuk mereka. Kepada pemilik pesawat, dia mengatakan pesawat tersebut akan mengangkut rombongan orang kaya yang bekerja di industri musik dan bisnis mata uang digital.

Dia menyebut, mereka melakukan perjalanan ke Kolombia untuk melihat penyanyi Bruno Mars tampil dan ingin menyewa pesawat dari Bandara Luton dan akan membayar 128.500 pound sterling atau Rp 2,4 miliar secara tunai.

Manajer senior NCA Steve McIntyre menyebut upaya penyelundupan tersebut menggarisbawahi rentannya perbatasan.

"Ada lebih dari 3.000 bandara atau landasan udara di Inggris," katanya.

Baca juga: Kepolisian Guatemala Sita 476 Kilogram Kokain, Empat Tersangka Ditahan

Dia mengatakan, komplotan tersebut berprofesi sebagai buruh dan pelayan yang menyamar menjadi pengusaha kelas atas. Mereka menumpang mobil mewah yang membawa mereka menuju landasan untuk naik pesawat.

"Mereka berpura-pura berbisnis mata uang digital dan terlibat dalam industri musik. Itu adalah bagian dari kisah VIP mereka," ucapnya.

Hakim philip Shorrock mengatakan, mereka melakukan operasi kejahatan serius dan hampir berhasil membawa kokain tersebut ke Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com