Jepang Bakal Segera Miliki Pilot Jet Tempur Perempuan Pertama

Kompas.com - 23/08/2018, 19:09 WIB
Misa Matsushima (26) perempuan Jepang pertama yang lulus pelatihan pilot jet tempur F-15 dan akan menjadi pilot pesawat tempur pertama di Pasukan Bela Diri Udara Jepang.AFP / JIJI PRESS Misa Matsushima (26) perempuan Jepang pertama yang lulus pelatihan pilot jet tempur F-15 dan akan menjadi pilot pesawat tempur pertama di Pasukan Bela Diri Udara Jepang.

TOKYO, KOMPAS.com - Letnan Satu Misa Matsushima (26) akan diangkat menjadi pilot jet tempur pertama Jepang setelah merampungkan pelatihan F-15 pada Rabu (22/8/2018).

Matsushima akan secara resmi diangkat menjadi pilot pesawat tempur Pasukan Bela Diri Udara Jepang pada Jumat (24/8/2018). Demikian disampaikan Kementerian Pertahanan dalam pernyataannya.

Melansir dari AFP, Matsushima mengaku terinspirasi dari kisah dalam film yang dibintangi Tom Cruise, Top Gun, yang ditontonnya saat masih usia sekolah dasar.

"Sejak menonton film Top Gun saat masih di sekolah dasar, saya selalu mengagumi pilot pesawat tempur," kata Matsushima kepada media setempat.

Baca juga: Rusia Tempatkan Jet Tempur Sukhoi di Wilayah Sengketa, Jepang Protes

"Saya berharap dapat terus bekerja keras untuk menunaikan tugas saya, tidak hanya demi diri saya sendiri tetapi juga bagi perempuan Jepang lain yang ingin mengikuti jalan ini di masa depan," tambahnya.

Pasukan Bela Diri Udara Jepang sejak 1993, telah membuka kesempatan kepada perempuan untuk bergabung, kecuali pilot pesawat tempur dan pengintai.

Namun pembatasan tersebut dihapus pada 2015 lalu dan membuka jalan bagi Matsushima untuk bergabung dengan kelompok elit pilot jet tempur.

Selain Matsushima yang telah dinyatakan lulus, masih ada tiga personil perempuan Pasukan Bela Diri Udara Jepang yang sedang menjalani pelatihan pilot je tempur.

Saat ini tercatat hanya ada sebanyak 6,4 anggota perempuan dari 228.000 personil Pasukan Bela Diri Jepang.

Perdana Menteri Shinzo Abe telah menyerukan kepada dibukanya peluang bagi perempuan untuk posisi-posisi kepemimpinan, meski belum banyak yang berhasil mencapainya.

Baca juga: Jepang Kirim Tiga Kapal dalam Tur Latihan Militer ke Lima Negara Asia



Close Ads X