Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB: Gaza Mulai Kehabisan Pasokan Bahan Bakar

Kompas.com - 23/08/2018, 16:28 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

GAZA, KOMPAS.com - Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengumumkan bahwa pihaknya kini tengah kehabisan dana guna membeli bahan bakar yang dibutuhkan untuk fasilitas penting di Jalur Gaza.

Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Politik PBB, Rosemary Di Carlo mengatakan, pendanaan untuk bahan bakar darurat yang menopang sekitar 250 fasilitas penting di Gaza kini telah habis.

"Dibutuhkan dana tambahan hingga 4,5 juta dolar (sekitar Rp 65 miliar) untuk dapat memastikan layanan penting dapat terus beroperasi di Gaza hingga akhir tahun ini," tambah Di Carlo dilansir dari The New Arab, Rabu (22/8/2018).

Baca juga: Hamas Yakin Israel Segera Cabut Blokade Terhadap Jalur Gaza

Di Carlo juga menyampaikan keprihatinannya atas pasokan obat-obatan penting yang semakin menipis setelah 40 persen persediaan obat-obatan kini tengah kosong.

Pihaknya menyerukan kepada semua pihak agar mau bekerja sama demi memastikan bantuan kemanusiaan dapat mencapai Gaza.

Menurut Di Carlo, peningkatan kekerasan yang terjadi baru-baru ini antara Israel dengan kelompok militan Palestina telah mengancam membawa Gaza ke dalam peperangan baru.

PBB melalui utusannya, Nickolay Mladenov bekerja sama dengan pejabat Mesir telah berusaha untuk menengahi gencatan senjata antara Israel dengan kelompok Hamas, yang mengontrol wilayah Gaza.

Kedua pihak yang bertikai telah terlibat dalam tiga kali pertempuran besar sejak 2008.

Gaza telah menyaksikan adanya gelombang kekerasan sejak rakyat Palestina melakukan serangkaian aksi protes sejak Maret lalu, yang menewaskan hingga 171 orang, kebanyakan oleh tembakan yang dilepaskan tentara Israel.

Sementara setidaknya 125 kali serangan telah dilancarkan militer Israel sebagai tanggapan atas serangan roket Hamas yang menargetkan kota-kota di Israel.

Baca juga: Melawan Kemiskinan, Nelayan di Gaza Bikin Perahu dari Botol Plastik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com