Kompas.com - 23/08/2018, 16:28 WIB

GAZA, KOMPAS.com - Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengumumkan bahwa pihaknya kini tengah kehabisan dana guna membeli bahan bakar yang dibutuhkan untuk fasilitas penting di Jalur Gaza.

Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Politik PBB, Rosemary Di Carlo mengatakan, pendanaan untuk bahan bakar darurat yang menopang sekitar 250 fasilitas penting di Gaza kini telah habis.

"Dibutuhkan dana tambahan hingga 4,5 juta dolar (sekitar Rp 65 miliar) untuk dapat memastikan layanan penting dapat terus beroperasi di Gaza hingga akhir tahun ini," tambah Di Carlo dilansir dari The New Arab, Rabu (22/8/2018).

Baca juga: Hamas Yakin Israel Segera Cabut Blokade Terhadap Jalur Gaza

Di Carlo juga menyampaikan keprihatinannya atas pasokan obat-obatan penting yang semakin menipis setelah 40 persen persediaan obat-obatan kini tengah kosong.

Pihaknya menyerukan kepada semua pihak agar mau bekerja sama demi memastikan bantuan kemanusiaan dapat mencapai Gaza.

Menurut Di Carlo, peningkatan kekerasan yang terjadi baru-baru ini antara Israel dengan kelompok militan Palestina telah mengancam membawa Gaza ke dalam peperangan baru.

PBB melalui utusannya, Nickolay Mladenov bekerja sama dengan pejabat Mesir telah berusaha untuk menengahi gencatan senjata antara Israel dengan kelompok Hamas, yang mengontrol wilayah Gaza.

Kedua pihak yang bertikai telah terlibat dalam tiga kali pertempuran besar sejak 2008.

Gaza telah menyaksikan adanya gelombang kekerasan sejak rakyat Palestina melakukan serangkaian aksi protes sejak Maret lalu, yang menewaskan hingga 171 orang, kebanyakan oleh tembakan yang dilepaskan tentara Israel.

Sementara setidaknya 125 kali serangan telah dilancarkan militer Israel sebagai tanggapan atas serangan roket Hamas yang menargetkan kota-kota di Israel.

Baca juga: Melawan Kemiskinan, Nelayan di Gaza Bikin Perahu dari Botol Plastik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.