Kompas.com - 22/08/2018, 16:40 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Moskwa mengklaim kelompok Taliban bakal hadir dalam pertemuan membahas perdamaian dengan pemerintah Afghanistan yang akan diselenggarakan di Rusia, awal bulan depan.

Disampaikan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, Moskwa telah mengundang pihak Taliban untuk perundingan pada 4 September mendatang dan mengaku telah mendapat respon positif.

"Sambutan pertama cukup positif, mereka berencana untuk ambil bagian dalam pertemuan tersebut," kata Lavrov, Selasa (21/8/2018).

Lavrov menegaskan, kontak Rusia dengan Taliban lebih bertujuan untuk menjamin keselamatan warganya yang tengah berada di Afghanistan.

Baca juga: Rusia Siapkan Pembicaraan Damai antara Afghanistan dengan Taliban

Pemerintah Rusia bersama dengan sekutunya juga terus mendorong kepada kelompok gerilyawan tersebut untuk menurunkan senjata, menghindari pertempuran dan melakukan dialog dengan Kabul.

Klaim Moskwa itu didukung pernyataan seorang pejabat senior Taliban yang mengungkapkan bakal mengirim delegasinya ke Rusia demi mencapai perdamaian di Afghanistan.

Taliban bahkan disebut berencana mengirimkan perwakilan ke negara-negara lain, termasuk Pakistan dan China.

"Hal itu untuk meyakinkan dan mengatasi kekhawatiran mereka," kata pejabat Taliban tersebut dilansir The New Arab.

Ditambahkannya, Taliban juga telah secara rutin menggelar pertemuan dengan pejabat negara-negara Eropa di kantor politik mereka di Qatar.

"Kami terus menjalin kontak dengan semua negara tetangga," ujar pejabat itu dengan syarat anonim karena dirinya tidak berwenang berbicara kepada media.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.