Kompas.com - 21/08/2018, 15:37 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Iran akhrnya mengumumkan jet tempur generasi keempat generasi keempat dalam pameran senjata di ibu kota Teheran.

Dilansir AFP Selasa (21/8/2018), media Iran memberitakan Presiden Hassan Rouhani duduk di kokpit jet tempur bernama Kowsar tersebut.

Baca juga: Pekan Ini, Iran Bakal Ungkap Jet Tempur Terbaru

Tasnim melaporkan, jet tempur Kowsar mempunyai sistem avionik dan radar multifungsi, serta "100 persen buatan anak bangsa".

Pesawat tersebut pertama kali diperkenalkan oleh Menteri Pertahanan Amir Hatami pada Sabtu pekan lalu (18/8/2018).

Namun, Hatami tidak menjelaskan lebih detil tentang pesawat itu. Sebab, dia hanya membeberkan pengembangan sistem pertahanan rudalnya.

Jika merujuk kepada pemberitaan Tasnim, Kowsar mampu membawa senjata, dan dikerahkan untuk menyokong bantuan udara jarak pendek.

Hatami menyatakan, keputusan Iran memproduksi jet tempur sendiri dilandaskan pada pengalaman mereka saat Perang Irak-Iran yang berlangsung 1980-1988.

Juga pada ancaman yang ditujukan dari Amerika Serikat (AS) maupun Israel membuat mereka tidak bisa bergantung kepada pihak lain.

"Sumber daya kami terbatas. Meski begitu, sejak awal kami berkomitmen memperkuat keamanan meski dengan biaya yang terbatas," ujar Hatami.

AS dilaporkan telah menjual senjata bernilai miliaran dolar kepada kompetitor Iran di Timur Tengah dengan di sisi lain, meminta Teheran memangkas program pertahanannya.

Baca juga: Iran Perkenalkan Rudal Balistik Generasi Terbaru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.