Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiriman 10 Unit Jet Tempur Su-35 Dipastikan Tiba di China Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 21/08/2018, 06:06 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

BEIJING, KOMPAS.com — Pemerintah Rusia mengonfirmasi pengiriman 10 unit jet tempur Sukhoi Su-25 ke China tetap berjalan sesuai rencana, yakni pada akhir tahun ini.

Kepastian tersebut seperti diberitakan media Rusia, Sputnik, pada Senin (20/8/2018), yang menyebut pembelian jet tempur Su-35 oleh China tersebut sudah termasuk amunisi, misil, dan perlengkapan pendukung lainnya.

Pengiriman Su-35 pada akhir tahun ini sekaligus menyelesaikan kewajiban Rusia kepada China yang telah menyepakati pembelian 24 unit jet tempur itu pada November 2015 lalu seharga 2,5 miliar dolar AS (sekitar Rp 36 triliun).

Melansir dari SCMP, pengiriman jet tempur Su-35 gelombang pertama telah dilakukan pada 2016 sebanyak 4 unit dan 10 unit pada tahun berikutnya.

Baca juga: China Kembangkan Jet Tempur Baru untuk Gantikan J-15

China termasuk negara asing pertama yang membeli jet tempur bermesin dorong vektor canggih tersebut dari Rusia.

Su-35 juga memiliki dua mesin baling-baling turbo AL-117S yang memudahkannya dalam melakukan manuver.

Jet tempur peningkatan dari Su-27 itu juga turut dilengkapi dengan radar multifungsi yang mampu melacak hingga 30 target secara bersamaan.

Serta dilengkapi sistem persenjataan berupa misil udara-ke-udara jarak jauh.

Pengamat militer di Hong Kong, Song Zhongping, menilai, kedatangan 10 unit jet tempur Su-35 itu selain meningkatkan kekuatan armada udara China, sekaligus menjadi wadah untuk melatih pilot baru.

"Untuk jet tempur generasi baru yang tengah dikembangkan China seperti J-20, tambahan Su-35 berarti tambahan pesawat untuk melatih pilotnya karena China tidak memiliki pesawat yang lebih canggih untuk latihan," kata Song dilansir SCMP.

Pada Mei lalu, militer China telah mengerahkan jet tempur Su-35 milik mereka melintasi Selat Bashi antara Taiwan dan pulau utara Filipina sebagai ajang unjuk kekuatan udara sekaligus memberikan penegasan kepada Taipei.

Baca juga: Rusia Tempatkan Jet Tempur Sukhoi di Wilayah Sengketa, Jepang Protes

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com