Kompas.com - 20/08/2018, 11:23 WIB
|

NEW DELHI, KOMPAS.com - Pesawat jet tempur baru buatan India, Advance Medium Combat Aircraft (AMCA), diharapkan sudah bisa beroperasi penuh pada 2032.

"AMCA akan dilengkapi sistem siluman geometrik dan akan menggunakan dua mesin GE-414. Saat kami sudah mengembangkan mesin sendiri, maka mesin itu bisa diganti," kata seorang sumber di Kementerian Pertahanan India.

"Kami harap penerbangan perdana bisa dilakukan pada 2032," tambah sumber itu.

Baca juga: Pekan Ini, Iran Bakal Ungkap Jet Tempur Terbaru

Sumber itu melanjutkn, terdapat dua jenis sistem "siluman" untuk sebuah pesawat tempur yaitu geometrik dan meterial.

"Dalam sistem siluman geometrik, bentuk pesawat dirancang dengan sudut tertentu untuk membelokkan semaksimal mungkin  gelombang radar sehingga pesawat ini sulit dilacak," ujar dia.

Sedangkan dalam sistem materil siluman maka dalam pembuatan digunakan bahan yang bisa menyerap gelombang radar sehingga mengurangi jejak radar.

"Awalknya AMCA berbasis sistem siluman geometrik, kami akan mengembangkan sistem material silumannya di tahap berikut," tambah sumber itu.

AU India bahkan sudah menyediakan lahan bagi Organisasi Pengembangan dan Riset Pertahanan untuk membangun fasilitas proyek ini.

Rencana itu  adalah membangun kapabilitas dan keahlian dalam pengembangan pesawat tempur ringan (LCA) dan memproduksi pesawat tempur generasi kelima.

Baca juga: Jet Tempur Inggris Klaim Cegat 6 Pesawat Pembom Rusia di Laut Hitam

"Di samping teknologi yang dikembangkan dari proyek LCA, program baru ini amat penting karena perkebangan teknologi yang digunakan dalam proye AMCA," tambang sang sumber.

Ini adalah satu-satunya proyek pengembangan jet tempur generasi kelima setelah menghentikan kerja sama dengan Rusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Hindu
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.